Urai Kemacetan Arus Mudik, Tol Leces-Gending Probolinggo Dibuka Gratis

Pintu Tol Gending Probolinggo/metrotv Pintu Tol Gending Probolinggo/metrotv

PROBOLINGGO: Mengantisipasi kemacetan saat mudik lebaran, Tol Paspro Seksi IV Leces-Gending akan difungsikan mulai 16 April hingga 30 April 2023.  Masyarakat bisa menikmati secara gratis tol yang berada di Probolinggo, Jawa Timur ini.

Kesiapan sarana dan prasarana tol Gending yang merupakan ujung timur rangkaian Tol Transjawa itu sudah diperiksa langsung Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Pengendara bisa menggunakan kartu tol untuk mengakses pintu tol ini tanpa ada biaya potongan saldo atau nol rupiah, " ujar Gubernur Khofifah.

Difungsikannya ruas ini untuk memberikan akses pemudik dari dan menuju pulau Bali atau para pemudik yang melalui jalur Pantura.

BACA: Amankan Jalur Mudik, Pemprov Jatim Dirikan 11 Posko Lebaran

Sebelumnya, tol yang terkoneksi dengan Transjawa ini hanya sampai pintu gerbang Probolinggo Timur saja atau arah Leces. Jalur tersebut mengarah pada jalur selatan Probolinggo,  Lumajang dan Jember. Sehingga jika ingin ke arah Pantura harus melintasi Kota Probolinggo.

Difungsikannya ruas ini juga mengantisipasi lonjakan sekitar 3,1 juta lebih pemudik yang diprediksi memadati jalanan Jawa Timur.  Seluruh kesiapan berupa rambu lalu lintas  sudah dalam tahap pengerjaan dan akan rampung dalam dua hari ke depan.

“Ada tambahan 3,1 juta orang, artinya bahwa proses untuk mengurangi kemungkinan kemacetan di titik-titik tertentu harus kita lakukan secara lebih komprehensif lagi,” ujarnya.

 


(TOM)

Berita Terkait