Terpapar Covid-19, Penghuni Rusunawa Surabaya Diswab

Seluruh penguhuni rusun Penjaringansari diswab massal setelah belasan penghuni terpapar covid-19 (Foto / Metro TV) Seluruh penguhuni rusun Penjaringansari diswab massal setelah belasan penghuni terpapar covid-19 (Foto / Metro TV)

SURABAYA : Belasan orang penghuni Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Penjaringansari Surabaya terpapar covid-19. Untuk mendeteksi dan mengantisipasi penyebaran, seluruh penghuni dites swab PCR massal di halaman rusun, Senin 24 Mei 2021. Penyebaran diduga berawal dari dua orang penghuni rusun yang sering berobat ke rumah sakit.   

"Awalnya dari dua orang yang sering ke rumah sakit untuk berobat. Setelah dites swab, keduanya terkonfirmasi positif covid-19," kata Camat Rungkut Surabaya, Yanu Mardianto, Selasa 25 Mei 2021.

Namun sebelum mengetahui hasil tes swab, keduanya sempat pulang kerumah. Dua warga tersebut juga berinteraksi dengan tetangga. Dari hasil tes swab pertama penghuni rusun akhir pekan lalu, 12 orang terkonfirmasi positif covid-19.
 
"Maka, kami ambil tindakan cepat. Semua penghuni rusun di Pejaringansari Surabaya dites swab. Harapannya nanti, kami bisa memetakan jika ada yang tertular langsung dikarantina," katanya.

Yanu menjelaskan, tes swab PCR massal akan dilaksanakan bertahap selama dua hari. Tahap pertama 400 orang dan selanjutnya menyesuaikan.

"Seluruh penghuni rusun akan dites swab. Kemarin 400 sampel. Hari ini kekurangannya, tergantung hasil," ucapnya.

Ketua RW 10 Penjaringansari, Mulyono, menambahkan saat ini Rusun Penjaringansari Surabaya ini dihuni sekitar 1.000 jiwa. Dia berharap tes swab massal bisa segera tuntas agar penularan Covid-19 di kawasan itu bisa cepat dihentikan.

"Bagi yang terkonfirmasi positif akan dikarantina di Hotel Asrama Haji Sukolilo Surabaya," katanya.

 


(ADI)

Berita Terkait