Hardiknas 2021, Momentum Menghidupkan Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Mendikbudristek Nadiem Makarim di upacara peringatan Hardiknas 2021 Mendikbudristek Nadiem Makarim di upacara peringatan Hardiknas 2021

JAKARTA: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem mengajak seluruh pihak untuk menghidupkan kembali pemikiran  Ki Hajar Dewantara dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021.
 
"Terlalu lama pemikiran Ki Hajar Dewantara tidak kita manfaatkan sepenuhnya," kata Nadiem dalam pidatonya di peringatan Hardiknas 2021, Minggu, 2 Mei 2021.
 
Nadiem mengatakan, hari ini merupakan kedua kalinya peringatan Hardiknas  berlangsung di tengah pandemi covid-19. Nadiem mengakui masa-masa ini tidaklah mudah bagi para pendidik, pelajar, orang tua, serta semua pihak yang menjalani aktivitas di tengah wabah yang masih melanda dunia.

"Pada hari Iahir Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, sekaligus hari penting bagi pendidikan nasional ini, marilah kita kesampingkan sejenak segala kesulitan. Hari ini kita bangkitkan semangat untuk menyongsong lembaran baru pendidikan Indonesia," ujar Nadiem.
 
Baca: Kenakan Baju Adat Suku Rote, Nadiem Pimpin Upacara Hardiknas 2021
 
Nadiem menekankan, pendidikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia haruslah menuju arah lahirnya kebahagiaan batin dan keselamatan hidup. Esensi mendasar pendidikan haruslah memerdekakan kehidupan manusia.
 
"Mulai hari ini, pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia tersebut haruslah kita jiwai dan kita hidupkan kembali agar lekas tercipta pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia, serta terwujudnya kemerdekaan belajar yang sejati," ungkapnya.
 
Hardiknas 2021, kata dia, merupakan sebuah momen tepat bagi seluruh pihak untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki. Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi.
 
"Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang," ujar Nadiem.
 
Upacara peringatan Hardiknas 2021 digelar secara daring dan luring. Pada kegiatan luring, upacara menerapkan protokol kesehatan ketat. Uniknya, Nadiem dan seluruh peserta upacara Hardiknas mengenakan pakaian adat dari beragam darah di Nusantara. Nadiem mengenakan pakaian adat suku Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 


(TOM)

Berita Terkait