ASDP Ketapang Siapkan Kantong Parkir Antisipasi Kemacetan

Parkiran di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. (ANTARA/Novi Husdinariyanto) Parkiran di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. (ANTARA/Novi Husdinariyanto)

Banyuwangi: PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur telah mempersiapkan kantong parkir untuk mengatasi kemacetan di pintu masuk pelabuhan saat arus balik mudik lebaran.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang-Gilimanuk, Syamsudin mengatakan pihaknya telah menyiapkan dua lokasi parkir sementara yang berlokasi di dua sisi pelabuhan, yaitu dari arah Situbondo-Ketapang lokasi parkir dipilih di Terminal Sri Tanjung dan di Bulusan, arah kota Banyuwangi-Ketapang.

"Pastinya kami mengoptimalkan kantong parkir (bufferzone) di Terminal Sri Tanjung dan kantong parkir yang ada di Bulusan, untuk arus balik Lebaran," ucap Syamsudin dikutip dari Antara, Jumat, 12 April 2024.

Ia menjelaskan, kantong parkir tersebut disiapkan guna mengantisipasi terjadinya penumpukan atau kemacetan arus lalu lintas di depan pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

ASDP juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyiapkan tampungan kendaraan sementara sebelum ke pelabuhan untuk menghindari antrean.

"Sarana prasarana dipersiapkan untuk memperlancar jalannya arus balik Lebaran 2024. Untuk arus balik H+1 hari ini masih landai, kami prediksi arus balik pada Sabtu (13/4) dan Ahad (14/4)," ucapnya.

Terdapat puluhan kapal feri dan tujuh dermaga yang melayani penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, yaitu tiga dermaga bergerak (movable bridge), satu dermaga ponton dan satu dermaga LCM (landing craft machine).

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang-Gilimanuk telah mencatat sejak 31 Maret hingga 10 April 2024, pemudik yang menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk (Bali) ke Pelabuhan Ketapang mencapai hingga 487.014 orang.


(SUR)

Berita Terkait