Embarkasi Surabaya Berangkatkan Kloter Terakhir Jemaah Calon Haji

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat memberangkatkan jamaah haji ( Foto / Istimewa) Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat memberangkatkan jamaah haji ( Foto / Istimewa)

SURABAYA : Embarkasi Surabaya memberangkatkan kloter terakhir jemaah calon haji pada Jumat 23 Juni 2023 sore. Mereka diberangkatkan langsung mengenakan baju ihram dari asrama haji. Sebab, setibanya di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, jemaah langsung menuju Makkah untuk menunaikan ibadah umrah wajib atau tawaf qudum. Jemaah ini posisinya menjalankan haji tamattu', yaitu ibadah haji yang diawali dengan ibadah umrah.

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, mengajak seluruh masyarakat mendoakan agar jemaah calon haji Indonesia pada umumnya sehat, lancar, dan mabrur. "Hari ini empat kloter terakhir berjumlah 1.411 orang telah berangkat dari embarkasi Surabaya. Alhamdulillah semua lancar dan sehat,” ujarnya, Sabtu 24 Juni 2023.

Khofifah mengatakan, dengan keberangkatan empat kloter terakhir ini, artinya seluruh jemaah embarkasi Surabaya telah berangkat ke Tanah Suci. Dia berharap seluruh jemaah bisa menjalankan rangkaian ibadah haji dengan khusyuk. "Semoga seluruh rangkaian ibadah haji dapat diikuti, dijalankan dengan sebaik-baiknya dan insyaallah menjadi haji yang mabrur. Amin," tutupnya.

baca juga : Peneliti ISESS Ditodong Senpi oleh 4 OTK di Malang, Polisi Identiflkasi Pelaku

Sementara itu, sebanyak 99.211 jemaah calon haji gelombang II yang tergabung dalam 258 kloter terbang telah tiba di Bandara King Abdul Aziz International Airport, Jeddah. Jemaah tersebut selanjutnya diberangkatkan ke Makkah untuk menjalankan umrah wajib. Total kedatangan jemaah calhaj Indonesia di Arab Saudi sebelum Closing Date berjumlah 203.512 orang atau 531 kelompok terbang.

“Data tersebut dikutip dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) tanggal 22 Juni 2023, pukul 24.00 WIB,” ujar Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

 


(ADI)

Berita Terkait