Otak-Atik Pendamping Persebaya di Perempat Final, Ini Hitungannya!

Para pemain Persela saat menghadapi Persebaya. (ft/lib) Para pemain Persela saat menghadapi Persebaya. (ft/lib)

BANDUNG. Tak salah jika Grup C disebut sebagai grup neraka di gelaran Piala Menpora 2021. Tidak hanya tim unggulan Madura United yang harus angkat koper lebih awal, namun  satu tiket babak perempat final masih harus ditentukan di laga pamungkas, Rabu 7 April 2021. 

Ganasnya lagi, satu tiket terakhir babak perempat final juga masih diperebutkan tiga tim penghuni Grup C, yaitu PSS Sleman, Persela Lamongan dan Persik Kediri. Sedangkan satu tiket lagi sudah menjadi milik Persebaya Surabaya. 

Jika melihat komposisi klasamen Grup C saat ini, maka PSS Sleman punya peluang besar. Selain mengantongi 4 poin, tim Elang Jawa juga akan menghadapi Persebaya yang sudah memastikan lolos semifinal di laga pamungkas. 

Sedangkan Persik dan Persela harus saling jegal di laga pamungkas Grup C. Dua tim asal Jatim ini sama-sama punya poin tiga.  Selain butuh kemenangan, Persik maupun Persela harus berhadap Persebaya mengalahkan PSS Sleman.  

Namun Persela punya keuntungan dibandingkan  Persik. Seandainya, laga kedua tim ini berakhir imbang dan PSS Sleman kalah dari Persebaya dengan skor berapapun, maka Persela yang berhak lolos. Lho? 

Jika skenario ini terjadi, maka poin akhir tiga tim, Persik Kediri, PSS Sleman dan Persela sama-sama empat.   Namun  Persela yang lolos karena regulasi di Piala Menpora, memakai head to head lebih dulu, kemudian selisih gol (agregat). 

Dari head to head, Persik sudah tersingkir karena kalah dari PSS Sleman 0-1. Sedangkan PSS Sleman melawan Persela berakhir imbang 0-0.  Karena imbang maka penentuan lolos memakai agregat gol dan Persela unggul karena jumlah memasukan dan kemasukan sama alias nol. 

Sedangkan PSS Sleman saat ini juga punya agregat  0,  jika kalah dari Persebaya dengan skor berapapun maka selisih golnya akan minus. 

Syarat Lolos Perempat Final:

PSS Sleman Lolos Jika....
- menang melawan Persebaya
- imbang melawan Persebaya, Persik Vs Persela imbang

Persela Lolos Jika....
- menang melawan Persik, PSS kalah dari Persebaya
- imbang melawan Persik, PSS kalah dari Persebaya

Persik Kediri Lolos Jika.....
- menang melawan Persela, PSS kalah dari Persebaya 


(TOM)

Berita Terkait