Ini 4 Tips Diet yang Sehat dan Baik!

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Clicks: Banyak orang yang melakukan diet dengan tujuan atau alasan untuk mengurangi berat badan dan mencapai bentuk tubuh ideal. Namun, alasan seperti itu justru kerap membuat program diet gagal atau berhenti di tengah jalan.

Maka dari itu, seseorang perlu mempunyai alasan bagus untuk memulai dan melakukan diet secara teratur. Akan tetapi, masyarakat menyadari bahwa diet sangat sulit untuk diatur saat jadwal sangat padat atau sedang sibuk. Masalah umum yang dihadapi generasi usia produktif dalam menjaga pola makan saat ini adalah tidak mempunyai waktu untuk makan siang, bahkan menghindari makan malam.

Perlu diketahui dahulu berapa kebutuhan kalori dalam satu hari yang dipengaruhi oleh tinggi badan, berat badan, usia, dan aktivitas fisik.

Rata-rata pria membutuhkan sekitar 2.500 kalori per hari (10.500 kilojoule). Sementara, rata-rata perempuan membutuhkan sekitar 2.000 kalori dalam satu hari (8.400 kilojoule).

Ada beberapa tips simpel yang dilansir dari Gaya.id pada Sabtu, 23 Juli 2022 untuk menjaga diet sehat dan tetap bugar baik secara fisik maupun mental dalam menjalani hari-hari yang produktif secara optimal:

1. Jangan lewatkan sarapan pagi

Biasanya banyak orang yang melewatkan sarapan karena aktivitas yang dilakukan sangat padat. Padahal sarapan merupakan sumber energi untuk melakukan aktivitas. Manfaat dari sarapan juga dapat membantu menekan hawa nafsu makan pada siang hari agar tidak lebih dari 1 porsi makan siang.

 

Baca Juga: Kurus Kok Diet, Boleh Nggak Sih?

2. Banyak minum air putih

Pola makan yang sehat belum lengkap jika tanpa air putih. Asupan air yang cukup akan menjaga kelancaran fungsi dari tubuh dan melindungi dari dehidrasi.

Ketika dehidrasi, tubuh cenderung mengirimkan sinyal lapar yang keliru. Biasanya hal ini yang membuat seseorang sering makan banyak yang membuat porsi makannya tidak teratur tanpa disadari.

3. Pola makan yang teratur dan tepat waktu

Kunci dari pola makan yang sehat, yaitu menerapkan Pedoman Gizi Seimbang. Artinya, perlu mengonsumsi makanan berkarbohidrat, serta lauk-pauk sumber lemak dan protein dalam jumlah yang sesuai.

Selalu mencermati jenis makanan, porsi, dan waktu makan serta keamanan kebersihan dari pangan. Pilih karbohidrat kompleks, protein, dan lemak menyehatkan yang dibutuhkan tubuh. Juga, asupan serat dan vitamin dari sayuran serta buah-buahan yang penting untuk mendukung daya tahan tubuh dan memperlancar pencernaan.

4. Makan berlebihan tidak bagus

Walaupun makan makanan yang sehat, namun porsi makannya harus tetap seimbang. Sebaiknya, makan secukupnya dan berhenti makan ketika perkiraan sudah mencapai 80% rasa kenyang.

Makan yang berlebihan tidak hanya berdampak negatif bagi berat badan, tetapi juga dapat mengganggu pencernaan.


(SUR)

Berita Terkait