Selain Hitam, Ini 3 Warna Lain yang Disukai Nyamuk

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS.ID:  Dikerubungi nyamuk memang menyebalkan. Bukan hanya gigitannya bikin gatal, tapi juga bisa menyebarkan penyakit. Jika ingin menjauhkan nyamuk, coba hindari empat warna ini di sekitar Anda.

Para ahli telah memperingatkan bahwa warna tertentu memengaruhi aktivitas nyamuk. Sebab, nyamuk memiliki mata majemuk, yang berarti penglihatan mereka jauh lebih buruk daripada kita.  

"Seperti kebanyakan serangga, nyamuk melihat dunia dalam bentuk dan warna yang kabur daripada gambar yang tajam dan detail," jelas Emma Grace Crumbley, seorang entomologis dengan Mosquito Squad, jasa pembasmi nyamuk dan serangga dari Amerika, seperti dikutip dari situs Homes and Gardens, Jumat (15/7).

Oleh karena itu, ahli menemukan nyamuk bergantung pada faktor lain seperti karbon dioksida, panas, gerakan, dan aroma untuk menavigasi penerbangan mereka dan menemukan inang serta sumber makanan.

Berikut empat warna yang menarik nyamuk menurut para ahli.

1. Hitam

Ide ruang tamu hitam dan putih mungkin memiliki kualitas estetis, tetapi tentu juga memiliki daya tarik bagi nyamuk.  Sholom Rosenbloom, pemilik Rosenbloom Pest Control, mengemukakan bahwa ketertarikan itu berasal dari kebutuhan makhluk tersebut untuk menghindari sinar matahari langsung, karena paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan dehidrasi dan kematian awal bagi nyamuk.

"Inilah mengapa kita lebih sering melihat mereka saat senja dan fajar, karena matahari mengancam mereka," katanya.

2. Biru Gelap

Dengan cara yang sama seperti hitam yang menarik nyamuk, warna gelap dan jenuh lainnya memiliki efek yang sama, termasuk warna biru tua.  Emma mengatakan bahwa biru tua dan warna serupa lainnya menarik bagi makhluk yang mendeteksi panas yang diserap dan ditahan oleh warna yang lebih gelap.

"Nyamuk cenderung untuk menyelidiki inang potensial sebagai inang, seperti manusia, yang mengeluarkan panas,"kata ahli.

Warna-warna ini begitu kuat sehingga para ilmuwan menggunakannya sebagai daya tarik ketika mengamati nyamuk dengan memasang perangkap nyamuk berwarna gelap.

3. Merah

Terlepas dari warna kulit, panjang gelombang merah terdeteksi oleh nyamuk, yang berarti merah adalah salah satu warna yang paling dicari oleh nyamuk.  Emma merujuk penelitian terkini yang menunjukkan bahwa paparan bau seperti karbon dioksida memicu ketertarikan nyamuk pada warna seperti merah, yang berarti mereka cenderung mengerumuni ide ruangan merah untuk mencari mangsa.

"Para ilmuwan percaya nyamuk menggunakan sensor suhu khusus untuk mendeteksi keberadaan mangsa berdarah panas," tambah Sholom.

4. Oranye

Sama seperti warna merah yang disukai nyamuk, warna oranye memproyeksikan panjang gelombang yang sama dan juga menarik bagi makhluk itu.  

"Mungkin ini lagi-lagi karena detail yang terbatas pada pandangan serangga, dan deteksi bentuk yang berbeda dari latar belakangnya memberi petunjuk kepada serangga bahwa inang potensial ada di dekatnya," ujar Emma.

Namun, penting untuk diingat bahwa atraksi nyamuk menggabungkan penglihatan dan aroma.  "Dengan demikian, beberapa pendekatan harus diambil untuk melindungi diri Anda dari gigitan nyamuk saat bekerja di dalam dan di luar rumah Anda.  Apakah Anda membuat semprotan serangga buatan sendiri atau memakai warna terang yang tidak sesuai dengan panjang gelombang inang," ungkap Emma.

 


(TOM)