Termasuk Arema, Enam Klub Liga 1 Lolos Lisensi AFC

Ilustrasi Ilustrasi

JAKARTA: Enam klub Liga 1 Indonesia berhasil  memenuhi standar regulasi lisensi versi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Satu diantaranya adalah klun asal Jatim, Arema FC.

Selain Arema lima tim lain yang tahun ini mengantongi lisensi AFC adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC dan Persib Bandung.  
 
Penetapan dilakukan PSSI dalam rapat Club Licensing Committee di Jakarta pada Kamis 19 November lalu. Penilaian diambil dari lima aspek, mencakup kriteria olahraga, infrastruktur, personel dan administrasi, legal, dan finansial.
 
“PSSI ke depan akan sedang menyiapkan National Club Licensing untuk kita terapkan di Liga 1 dan Liga 2," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi di laman resmi PSSI, Jumat 20 November 2020.

AFC Club Licensing Cycle merupakan proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional versi AFC. Lisensi tersebut juga berfungsi sebagai syarat sebuah klub untuk berpartisipasi di kompetisi resmi AFC, seperti Liga Champions Asia dan Piala AFC.
 
“Kita berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam jalu menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepak bola Indonesia,” pungkas Yunus.
 
Hasil tahun ini tak jauh berbeda dengan edisi sebelumnya karena hanya ada enam klub mendapat status AFC Club Licensing 2019, yakni Arema FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

 


(TOM)

Berita Terkait