Santri di Trenggalek Patah Tulung Dianiaya Ustaz Muda

Dua santri korban penganiayaan ustadz (guru ngaji) di rawat di IGD RSUD drm Soedomo, Trenggalek, Sabtu (21/1/2023) (ANTARA/HO - foto warga) Dua santri korban penganiayaan ustadz (guru ngaji) di rawat di IGD RSUD drm Soedomo, Trenggalek, Sabtu (21/1/2023) (ANTARA/HO - foto warga)

TRENGGALEK: Kasus ustaz atau guru ngaji yang melakukan tindak penganiayaan terhadap santrinya sendiri terjadi di Trenggalek, Jawa Timur. Korban dikabarkan mengalami patah tulang di bagian pergelangan tangan.

Kasatreskrim Polres Trenggalek Iptu Agus Salim mengatakan kasus tersebut terjadi pada Kamis sore, 20 Januari 2023 di salah satu ponpes di Trenggalek. Kasus ini menjadi atensi karena antara pelaku dan korban sama-sama masih di bawah umur.

Pelaku yang diinisial MDP masih berusia 17 tahun, sementara korbannya dua santri di salah satu ponpes di Trenggalek berinisial GD, 14, dan LM, 15. MDP merupakan ustaz muda binaan salah satu ponpes ternama di Ponorogo yang sedang menjalani masa pengabdian sebagai guru ngaji (ustaz) di Kabupaten Trenggalek.

"Kami sudah periksa saksi, korban juga terlapor. Dan setelah dilakukan gelar perkara tadi siang, hasilnya saudara MDP kami tetapkan sebagai tersangka," kata Agus.

BACA: 5 Wartawan Dipukuli Saat Liputan Penyegelan Diskotik di Surabaya

Wali salah satu santri korban penganiayaan, Purwanto mengaku melaporkan kasus ini ke pihak berwajib karena tidak terima anaknya yang dititipkan untuk menjalani program pendidikan agama justru menjadi korban penganiayaan oknum guru ngajinya sendiri.

"Saya baru tahu setelah mendapat kabar dari wali santri lain yang mengatakan anak saya masuk IGD. Ternyata mengalami penganiayaan oleh ustadznya sendiri," kata Purwanto.

Tidak terima, Purwanto pun mengambil langkah hukum dengan melapor ke Polres Trenggalek. Ia berharap pelaku dapat diproses secara hukum sesuai dengan perbuatannya. "Kami tidak ingin kasus serupa terjadi pada santri yang lain," ujarnya.

Saat ini, kondisi kesehatan korban GD telah dilakukan tindakan operasi. Sedangkan korban LM sempat mengalami nyeri pinggang, namun saat ini hanya menjalani rawat jalan. Humas RSUD dr Soedomo Trenggalek Sujiono, mengatakan bahwa pasien GD mengalami patah tulang tertutup pada pergelangan tangan kiri.

"Untuk kondisinya sadar, ini tadi baru saja dilakukan tindakan operasi di bedah sentral dalam rangka mengembalikan fungsi dari tangan tersebut. Alhamdulillah berjalan lancar," ujarnya.

Sujiono memastikan pihaknya proaktif melakukan pemantauan terhadap perkembangan kondisi kedua pasien pasca tindakan operasi. Sementara MDP terancam dijerat Undang-undang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

 


(TOM)

Berita Terkait