7 Terobosan Ilmiah Terbesar Selama 2022, Ini Daftarnya

Hidupkan sel jantung babi yang mati menjadi salah satu temuan ilmiah terbesar sepanjang 2022 (Foto / Istimewa) Hidupkan sel jantung babi yang mati menjadi salah satu temuan ilmiah terbesar sepanjang 2022 (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Selama dua tahun terakhir para ilmuwan sedikit berfokus pada kegiatan darurat mengembangkan vaksin dan pengobatan untuk COVID-19. Namun, laboratorium dan peneliti tetap sibuk serangkaian penemuan dan pencapaian besar.  Bahkan beberapa penemuan dan pencapaian besar yang terjadi di luar nalar manusia.

Berikut 7 daftar terobosan ilmuan yang menggemparkan dunia :

1. Fusi nuklir

Ilmuwan di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore di California mengumumkan pada Desember mereka telah menghasilkan reaksi fusi pertama yang menghasilkan lebih banyak energi daripada yang digunakan untuk memulainya. Pencapaian yang sulit dipahami ini menandai terobosan besar dalam memanfaatkan proses yang menggerakkan Matahari.

“Tonggak sejarah ini menggerakkan kita selangkah lebih dekat untuk memberdayakan masyarakat kita dengan energi fusi nol karbon,” kata Sekretaris Energi, Jennifer Granholm, dikutip dari The Week.  

Fusi melibatkan penyatuan dua inti elemen ringan, seperti hidrogen, dengan kecepatan luar biasa, yang membuat mereka untuk melebur. Massa sisa diubah menjadi sejumlah besar energi, menurut rumus Einstein E = mc2.

2. Teleskop James Webb

Majalah Popular Science tahun ini menobatkan James Webb Space Telescope milik NASA sebagai Innovation of the Year dalam teknologi kedirgantaraan. Tidak seperti teleskop luar angkasa Hubble, yang memindai langit dari orbit rendah Bumi, teleskop Webb berkemah ratusan ribu mil lebih jauh, duduk di bawah bayangan Bumi, di mana ia terhalang secara permanen dari sinar matahari.

Pandangannya lebih dilindungi oleh pelindung matahari berlapis-lapis, ia berada pada suhu (-370 derajat Fahrenheit) yang paling cocok untuk penglihatan inframerahnya. Hasilnya, kata Popular Science, $10 miliar JWST "dapat melihat jauh ke dalam medan pembentuk bintang. Ia dapat mengintip galaksi kuno 13 miliar tahun yang lalu.

baca juga : WhatsApp Hentikan Dukungan 49 Smartphone Mulai 31 Desember 2022, Ini Daftarnya

3. Janji transplantasi

Sekelompok ilmuwan Yale melaporkan dalam jurnal Nature musim panas ini mereka berhasil menghidupkan kembali sel-sel di jantung, hati, ginjal, dan otak babi yang telah mati di laboratorium selama satu jam. Para peneliti mencapai prestasi tersebut dengan menggunakan perangkat yang mirip dengan mesin jantung-paru untuk memompa larutan buatan khusus, yang disebut OrganEx, ke dalam tubuh babi.

Jantung babi mulai berdetak dan mengirimkan larutan melalui pembuluh darah mereka. Babi-babi itu tidak dihidupkan kembali, tetapi organ mereka mulai berfungsi kembali, dan mereka "tidak pernah kaku seperti babi mati pada umumnya," lapor The New York Times.  

Para peneliti berharap terobosan mereka pada akhirnya akan membantu meningkatkan suplai organ manusia yang tersedia untuk transplantasi dengan membiarkan dokter mendapatkan organ yang layak dari tubuh lama setelah kematian. Teknologi ini juga mungkin berguna dalam membatasi kerusakan jantung akibat serangan jantung, dan otak akibat stroke.

4. Vaksin flu universal

Pada awal Desember, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah mencatat 4.500 kematian akibat flu. Memerangi flu merupakan tantangan baru setiap tahun karena virus influenza terus berkembang. Beberapa tahun, vaksinnya efektif.

Terkadang mereka meleset dari sasaran. Namun, sekarang Scott Hensley di University of Pennsylvania dan rekan-rekannya telah membuat vaksin lu berdasarkan molekul mRNA, yakni teknik yang sama yang digunakan Moderna, dan Pfizer, bersama dengan mitranya BioNTech, digunakan untuk membuat vaksin COVID-19 yang banyak digunakan.

Vaksin tersebut telah menghasilkan respons antibodi terhadap semua 20 jenis influenza A dan B yang diketahui dalam pengujian pada tikus, dengan efektivitas yang bertahan selama empat bulan. Hasilnya serupa dalam tes pada musang, memicu harapan vaksin universal bisa bekerja pada manusia juga.

5. Mengubah lintasan asteroid

Jika Anda pernah menonton Armageddon atau Deep Impact atau film lain tentang asteroid yang mengancam akan memusnahkan kehidupan di Bumi, santai saja. NASA tahun ini membuktikan dengan misi Double Asteroid Redirection Test (DART) bahwa ia memiliki kemampuan untuk membelokkan batu ruang angkasa raksasa dari jalur tabrakan dengan planet kita.  

NASA mengirim pesawat ruang angkasa DART seberat 1.100 pon menabrak asteroid berdiameter 525 kaki, Dimorphos, dengan kecepatan 14.000 mil per jam untuk melihat apakah gaya tumbukan akan cukup untuk mengubah lintasannya. Dimorphos, yang sebenarnya tidak mengancam Bumi, mengorbit di sekitar asteroid induk yang lebih besar, Didymos, setiap 11 jam 55 menit sebelum jatuh.  

Setelah DART menabrak Dimorphos pada 26 September, para astronom mencatat waktu orbitnya pada 11 jam 23 menit, 32 menit lebih pendek dari sebelumnya, menandakan perubahan signifikan di jalurnya.

“Kita semua memiliki tanggung jawab untuk melindungi planet rumah kita. Lagi pula, ini satu-satunya yang kita miliki. Misi ini menunjukkan bahwa NASA berusaha untuk siap menghadapi apa pun yang dilemparkan alam semesta kepada kita,” kata Administrator NASA, Bill Nelson.  

6. AI untuk seniman

Kecerdasan buatan membuka kemungkinan baru untuk bisnis dan rumah tangga, dan saat ini generator teks-ke-gambar baru memberi semua orang mulai dari seniman hingga perencana kota hingga ahli bedah rekonstruktif alat baru untuk membantu mereka memvisualisasikan ide. DALL-E 2, yang dirilis Open AI pada bulan Juli, melihat ratusan juta gambar dengan teks untuk mengubah perintah teks yang ditulis oleh pengguna menjadi gambar.

Mark Chen, peneliti utama di DALL-E 2, mengatakan kepada The Atlantic bahwa pembuat gambar seperti DALL-E 2 bertujuan untuk "mendemokratisasikan" seni.  

7. Vaksin baru untuk melawan malaria

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Desember di npj Vaccines, jurnal ilmiah akses terbuka di Nature Portfolio, tahun ini, teknologi yang digunakan untuk membuat vaksin mRNA melawan COVID-19 telah membantu tim peneliti yang dipimpin oleh Universitas George Washington mengembangkan dua kandidat vaksin mRNA eksperimental yang sangat efektif dalam mengurangi infeksi dan penularan malaria.

“Penghapusan malaria tidak akan terjadi dalam semalam tetapi vaksin semacam itu berpotensi menghalau banyak kasus malaria dari berbagai belahan dunia,” kata Nirbhay Kumar, seorang profesor kesehatan global di Sekolah Kesehatan Masyarakat Institut Milken Universitas George Washington.

 


(ADI)

Berita Terkait