Gemar Bersedekah, Ini 5 Janji Allah!

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS: Sedekah juga merupakan amalan yang terlihat sederhana. Dalam Islam, sedakah tidak melulu soal harta benda, melainkan senyuman juga sedekah. Selain  itu masih banyak lagi yang disebut sedekah. 

Sebagaimana sabda Rasulullah dalam hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 

“Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau berbuat ma'ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri dan tulang dari jalan merupakan sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah.”

Dalam hadis di atas memperlihatkan bahwa Islam adalah agama yang istimewa yang tidak memberatkan dalam beribadah. Dalam konteks sedekah, Islam tidak melulu berbicara soal harta. Namun, banyak cara yang dapat dilakukan agar umat muslim dapat bersedekah.

Pada hakikatnya, sedekah harus dilakukan dengan ikhlas tanpa paksaan, dan semata untuk mengharap rida Allah—tidak untuk mencari pujian dari sesama manusia. Allah SWT sangat memuliakan orang yang bersedekah. Dan Allah telah menjanjikan balasan bagi orang yang gemar bersedekah.

Berikut beberapa dalil pendukung yang menjelaskan tentang keutamaan sedekah:

1. Mendapat lindungan di hari akhir (kiamat)

Ada tujuh pihak yang diberi naungan oleh Allah, di mana pada saat itu tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. Salah satunya adalah seperti sabda Rasulullah 

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.”

2. Mendapat keberkahan dari hartanya

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.”

Maksud dari harta tidak akan berkurang adalah hartanya diberkahi dan dijauhkan dari bahaya. Serta, jika dalam segi bentuk hartanya berkurang, tetapi tertutupi oleh pahala yang diberikan secara berlipat ganda.

3. Dosanya akan dihapuskan

Dalam salah satu hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah bersabda:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”

Tetapi hal ini tidak serta merta dapat menghapus segala dosa tanpa orang tersebut melakukan tobat atas segala kesalahannya. 

4. Dilipatgandakan pahalanya

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Hadid ayat 18 yang berbunyi:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18)

5. Dibebaskan dari siksa kubur

Siksa kubur adalah hal pertama yang selalu ditakuti jika bercerita tentang kematian. Tapi sedekah akan menjadi obatnya jika orang tersebut bersedekah dengan hati yang ikhlas dan benar-benar karena Allah SWT.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.”

Selain itu, dalam hadis yang diriwayatkan Imam Thabrani, Nabi Muhammad juga bersabda dengan menyebutkan bahwa sedekah juga dapat memanjangkan umur, dan mencegah dari kematian yang tidak baik.


(TOM)