Keren, Sepeda BMX Buatan Gresik Dipakai 2 Atlet Luar Negeri di Olimpiade Tokyo

Sepeda BMX buatan Gresik yang dipakai atlet Olimpiade dari Latvia. (ist) Sepeda BMX buatan Gresik yang dipakai atlet Olimpiade dari Latvia. (ist)

GRESIK: Siapa sangka, sepeda BMX buatan Kabupaten Gresik, Jawa Timur viral setelah dipakai dua atlet luar negeri di ajang multieven terbesar di dunia, Olimpiade Tokyo.  Dua atlet itu adalah Vineta Petersone dari Latvia dan Axelle Etienne asal Prancis.

Sepeda BMX merk Thrill ini diproduksi PT Indonesia Bike Work, IBW yang berada di desa Pasinan Lemah Putih, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.  PT IBW berdiri pada tahun 2012 silam.  Namun, baru mulai memproduksi sepeda BMX  Thrill setahun kemudian.

Direktur Utama PT IBW, Anne Wijaya mengatakan atlet luar negeri sudah sejak tujuh tahun lalu menggunakan sepeda BMX Thrill buatan lokal Gresik.

"Awalnya para atlet luar negeri ini tertarik membeli setelah diberi tahu dari komunitas sesama atlet sepeda gunung asal Indonesia, " cerita Anne Wijaya, Selasa 3 Juli 2020.  
 
Diperkirakan sudah ratusan sepeda BM Thrill yang laku terjual di luar negeri. Padahal sebenarnya,  pangsa pasar yang dibidik hanya lokal, seperti Jawa Timur dan sejumlah wilayah di Indonesia.

Harga sepeda BMX Thrill dibandrol mulai dari Rp 2, 8 juta hingga yang termahal mencapai Rp 30 juta. Yang mengejutkan, BMX Thrill yang dipakai atlet Perancis dan Latvia bukan sepeda termahal.

"Kalau yang dipakai di Olimpade oleh atlet Prancis dan Latvia harganya hanya berkisar Rp 7 juta. Mungkin mereka cocok dengan yang itu, " ucapnya bangga.

Anne Wijaya menegaskan sepeda bmx thrill yang mendunia murni buatan lokal. Bahan utama terbuat dari alumunium dan sudah sejak lama dipakai dalam kompetisi tingkat internasional oleh atlet luar negeri.

"Mungkin salah satu ketertarikan atlet luar negeri untuk memakai karya anak bangsa ini lantaran atlet bisa custom dan menyesuaikan keinginan, " ujarnya.

 


(TOM)

Berita Terkait