Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Menpan RB Tjahjo Kumolo/ist Menpan RB Tjahjo Kumolo/ist

JAKARTA: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia dalam perawatan intensif penyakit infeksi paru-paru, Jumat 1 Juli 2022.

"Allahumaghfir lahu warhamhu wa'?fihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzülahu waj'alijannata matsw?h. Al-F?tihah. Telah kembali keharibaan Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Memiliki HambaNya. Bapak Tjahjo Kumolo Menteri PAN dan RB," kutipan dari kabar yang beredar di pesan singkat.

Kabar duka tersebut dibenarkan oleh petinggi PDIP Junimart Girsang. Dia mengatakan Tjahjo Kumolo meninggal di RS Abdi Waluyo, Jakarta, sekitar pukul 11.10 WIB.

"Saya baru dapat kabar, (Thahjo Kumolo) sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB," ujarnya.

Politikus Partai PDI Perjuangan lainnya, Hendrawan Supratikno menyebut Tjahjo Kumolo meninggal akibat komplikasi.

BACA: 7 Jenis Makanan Ini Tak Bikin Gendut, Bisa Dimakan Sepuasnya!


 "Sakit komplikasi ada paru-paru, diabetes, asam urat," ujar Hendrawan kepada wartawan, Jumat, 1 Juli 2022.
 
Hendrawan menyebut sebelum mengalami komplikasi, Tjhajo mengaku kelelahan akibat bekerja. Selain itu, Tjahjo telah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo lebih dari seminggu.

Tjahjo Kumolo menjabat Menteri Dalam Negeri Kabinet Kerja sejak 27 Oktober 2014. Dia juga dipercata menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sejak 23 Oktober 2019.

Karier politik Tjahjo dimulai dengan bergabung sebagai anggota partai penguasa di era orde baru, Golongan Karya (Golkar). Ia pernah menjadi anggota parlemen dari Golkar. Tjahjo terpilih sebagai anggota legislatif dari Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 1987-1992.

Setelah Indonesia memasuki era reformasi, Tjahjo pun beralih ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang mempelopori gerakan politik oposisi terhadap rezim pemerintahan orde baru. Ia pun kemudian dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR RI periode 1999-2002.

Ia kembali terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2009–2014 dari PDI-P dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI serta anggota Komisi I yang melakukan pengawasan dan kemitraan dengan pemerintah di bidang pertahanan, luar negeri, dan informasi.

Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jendral DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015. Pada periode kepengurusan sebelumnya di partai berlambang banteng kekar itu, Tjahjo menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P.

 


(TOM)

Berita Terkait