Ban selip, Pesepeda Blitar Tewas Jatuh ke Dam Kali Lahar Kelud

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

BLITAR : Seorang pesepeda tewas terjatuh dari dam kali lahar Gunung Kelud di Kabupaten Blitar. Korban diketahui atas nama Marsudi (72), warga Desa Slumbung, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Diduga ban sepeda yang ia kendarai mengalami selip.

"Korban jatuh dari ketinggian 5 meter,” kata Kasatlantas Polres Blitar, AKP Mursid Budi Hartanto, Senin 16 Juli 2023.

Tim Inafis Polres Blitar yang datang ke lokasi pun langsung melakukan evakuasi terhadap jasad korban ke Rumah Sakit Umum Daerah Ngudi Waluyo Wlingi Kabupaten Blitar. Hasil Autopsi menyebut bahwa korban mengalami luka patah tulang leher. Diduga luka itu ditimbulkan akibat korban terjatuh dari ketinggian.

“Iya karena itu cukup tinggi ya, jadi kemungkinan luka patah tulang leher akibat jatuh itu,” ungkapnya.

baca juga : Hari Pertama Sekolah, Orang Tua Siswa SD di Jombang Sibuk Dampingi Anak

Kondisi jalan dam kali lahar Gunung Kelud di Kecamatan Gandusari yang menanjak dan sedikit licin diduga membuat sepeda kakek berusia 72 tahun itu mengalami selip. Hingga akhirnya Mursidi tidak bisa mengendalikan sepeda gunungnya dan terjatuh ke bagian dasar sungai lahar.

“Itu kan jalan memang menanjak, mungkin korban juga tidak terlalu kuat untuk mengayuh sepedanya hingga akhirnya selip dan terjatuh itu,” terang Kasatlantas Polres Blitar.

Jalur alternatif Blitar-Malang yang melewati dam kali lahar gunung Kelud di Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Namun demikian banyaknya tanjakan serta kondisi jalan yang berlubang menjadikan jalur ini berbahaya bagi para pesepeda yang kurang memahami medan.

Oleh karena itu Satlantas Polres Blitar pun mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pesepeda untuk mengambil rute yang aman-aman saja. Hal itu dilakukan demi menghindari kejadian serupa terjadi.

“Untuk menghindari hal serupa terjadi kami menghimbau kepada para pesepeda untuk mengambil rute jalan yang lebih aman,” tutupnya.


(ADI)

Berita Terkait