Jenazah Eks Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Diantar Tokoh Lintas Partai ke TPU Keputih

Jenazah Whisnu diantarkan oleh sanak saudara hingga rekan lintas partai (Foto / Istimewa) Jenazah Whisnu diantarkan oleh sanak saudara hingga rekan lintas partai (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Sejumlah tokoh lintaspartai ikut mengatarkan jenazah mantan Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana ke peristirahatan terakhir di Tempat Permakaman Umum (TPU) Keputih, Surabaya. Mereka yakni para sahabat dan kolega Whisnu saat menjadi anggota DPRD maupun wali kota. Mereka sengaja datang untuk memberi penghormatan terakhir kepada Whisnu, termasuk mendoakannya.

Para tokoh tersebut antara lain Laila Mufidah (PKB), Reni Astuti (PKS), Anugrah Ariyadi (Partai Perindo), Sachiroel Alim (Demokrat), Musyafak Rouf (PKB), Edi Rachmat (Hanura) dan lainnya. Selain itu, beberapa petinggi PDIP juga hadir, termasuk loyalis Whisnu.

"Banyak tokoh yang ikut mengantarkan jenazah dari rumah duka menuju ke pemakaman. Mereka semua sahabat mas WS (Whisnu Sakti Buana," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, di sela-sela takziyah di rumah duka almarhum Whisnu Sakti Buana di Pakuwon City, Surabaya, Minggu 28 Mei 2023.

Dia mengatakan sosok Whisnu Sakti Buana adalah pribadi yang peduli dan memperjuangkan kepentingan ‘wong cilik’. “Almarhum merupakan sosok yang konsisten memperjuangkan kepentingan wong cilik semasa hidupnya,” kata Armuji.

baca juga : Tiba di Tanah Suci, Jamaah Haji Asal Kabupaten Gresik Meninggal

Sebagai sesama politisi dan mantan rekan kerja, Armuji memiliki kenangan bersama Whisnu, termasuk momen-momen yang mereka habiskan bersama-sama di DPRD Surabaya. ”Kalau diajak ngobrol enak,” katanya.

Whisnu Sakti Buana atau akrab disapa WS, merupakan putra kandung mantan Wakil Ketua MPR RI sekaligus eks Sekjen DPP PDIP Soetjipto yang juga telah meninggal dunia beberapa tahun lalu. Karier politiknya diawali dari Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, sebelum dipilih menggantikan Bambang Dwi Hartono yang mundur sebagai Wakil Wali Kota Surabaya pada 2013. Saat itu, WS dipercaya sebagai wakil wali kota pada 2014 atau pada periode sisa masa jabatan 2010-2015 mendampingi Tri Rismaharini.

Kemudian pada Pemilihan Kepala Daerah Surabaya 2015, pasangan Risma-Whisnu Sakti mendapat amanah sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota. WS juga pernah menjabat Wali Kota Surabaya selama sepekan pada 11-17 Februari 2021 menggantikan Tri Rismaharini yang diangkat sebagai Menteri Sosial. Terakhir, dia menjabat sebagai salah satu wakil ketua DPD PDIP Jatim. Namanya juga terdaftar sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPD PDIP untuk DPRD Jawa Timur daerah pemilihan Surabaya.

 


(ADI)