Viral Burung Merak Bulu Rusak di Alun-alun Lamongan, Sedang Birahi!

Kondisi bulu merak yang rusak seperti tidak terawat di Alun-alun Lamongan. (metrotv) Kondisi bulu merak yang rusak seperti tidak terawat di Alun-alun Lamongan. (metrotv)

LAMONGAN: Seekor burung merak hijau yang berada di alun alun Kota Lamongan, Jawa Timur mendadak viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir ini.

Burung merak yang ada dalam kandang taman terlihat rusak pada bagian bulu ekornya yang putus putus dan rontok. Terkesan tidak terawat.

Viralnya video ini membuat sejumlah petugas dari Balai Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem (BKSDAE) Jawa timur langsung melakukan pemantauan di lokasi.

Usai melakukan observasi, burung merak ini akhirnya diambil untuk dibawa ke balai karantina. Sebab,  burung merak memasuki masa birahi sehingga membutuhkan pasangan.

BACA: Kejari Sidoarjo Musnahkan 31 Kg Sabu Senilai Rp 30 Miliar

Kasi Konservasi Balai Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem (BKSDAE)  wilayah III Surabaya, Dodik Guntoro mengatakan kondisi merak jenis laki-laki ini secara fisik normal.

"Rontoknya bulu ekor burung merak dikarenakan sedang ngurak atau birahi sehingga harus dikawinkan, " ujarnya.  

Untuk saat ini, burung merak akan karantina di Kebun Binatang Maharani Lamongan untuk mengetahui secara pasti kesehatanya sebelum  dilakukan proses perkawinan.

Sementara Anang Taufik, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan  mengatakan pihaknya sengaja mengundang BKSDAE untuk melihat burung merak yang viral.

"Kami sengaja mengundang ke sini, karena  mereka yang berkompeten melakukan observasi pada hewan yang dilindungi, " ujarnya.

 


(TOM)