Tatap Porprov, POSSI Jatim Gelar Kejurda di Pasir Putih Situbondo

Kejurnas Selam OBA di Pasir Putih Situbondo beberapa waktu lalu. (ist) Kejurnas Selam OBA di Pasir Putih Situbondo beberapa waktu lalu. (ist)

SITUBONDO: Moncer di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/Papua, tidak membuat Pengprov Persatuan Olahraga Selam seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur berleha-leha. Sebaliknya, langsung menggelar Kejuaraan Daerah selam nomor laut orientasi bawah air (OBA) di Pantai Pasir Putih, Situbondo, selama dua hari, 13-14 November 2021.

Wakil Ketua POSSI Jatim Riyath mengatakan ajang Kejurda selam nomor laut ini salah satu tujuan utamanya adalah regenerasi atlet Jatim menghadapi PON 2025 dan sekaligus tes event kesiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim yang pada pertengahan 2022 di Situbondo.

"Kami mencoba komunikasikan dengan pihak POSSI Situbondo. Karena Porprov 2022 salah satunya venue nomor laut akan diselenggarakan disini," katanya di Situbondo, Jumat.

BACA: Selam Jatim Juara Umum PON XX Papua! Rebut 12 Emas, Pecahkan 4 Rekornas

Menurut Riyath, Kejurda selam nomor laut yang diikuti atlet dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur, itu, merupakan event perdana setelah fakum akibat pendemi.

"Terus terang ekspektasi kami sangat besar sekali terhadap event ini. Karena melihat dari hasil yang di PON Papua, nomor OBA kita dapat medali emas. Kemudian yang di nomor finswiming dapat medali perak," katanya.

Ditambahkan Riyath, ajang kejuaraan daerah selam untuk pembibitan maka ada beberapa kelompok umur yang dilombakan, terutama untuk yang NOMOR finswiming, yaitu mulai dari kelompok umur A sampai E. Sementara orientasi bawah air (OBA) dikategorikan dengan kelas senior dan junior.

"Sda batasan usia 14 tahun ke atas, KAMI pakai senior dan junior. Junior 17 tahun ke bawah, senior 18 tahun ke atas," katanya.

Dipilihanya Pantai Pasir Putih Situbondo sebagai arena pertandingan selam laut, lanjut Riyath, karena pantainya sangat mendukung terhadap perlombaan. Selain bentuk pantainya yang flat, hingga 500 meter dari bibir pantai sangat laik digunakan untuk lomba OBA.

"Selain indah, setiap event apapun memang selalu di Pasir Putih. Karena representatif untuk venue selam lau OBA," ujarnya

 


(TOM)

Berita Terkait