Warga Semeru Kesulitan Pakan Ternak

Ilustrasi Ilustrasi

LUMAJANG: Pasca diguyur hujan abu vulkanik dari erupsi Gunung Semeru, sejumlah peternak di Lumajang, Jawa Timur mulai kesulitan mencari pakan ternak.

Bahkan peternat di sejumlah wilayah Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo terpaksa harus mencuci dulu pakan yang mereka ambil sebelum diberikan pada hewan ternak.

"Rumput dan daun-daunan yang diambil harus dicuci terlebih dulu karena banyak debu. Jika tidak ternak tidak mau dan bahaya juga, " ucao Bambang, peternak kambing dari Dusun Kajar Kuning.

Untuk mengurangi beban, beberapa warga terpaksa menitipkan sebagian ternak ke rumah saudaranya yang lebih aman dari aktivitas vulkanik gunung semeru.
 
Sementara saat ini, aktivitas vulkanik gunung semeru terpantau masih cukup tinggi dengan ditandai beberapa kali terjadi guguran awan panas dan lava pijar ke arah Besuk Kobokan.

Kondisi sejumlah desa di kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo abu vulkanik dari gunung semeru masih terpantau menyelimuti kawasan ini, meski intensitasnya tidak setebal beberapa hari yang lalu.

Abu bekas erupsi ini tidak hanya menempel di rumah dan jalan desa, namun sejumlah tanaman warga juga ditutupi abu vulkanik. Saat initatus gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu masih bertahan di waspada level dua.


(TOM)

Berita Terkait