Penyebar Hoaks Vaksin Kejang Diringkus Polisi

Mohammad Dari (tengah), pelaku penyebar dan pembuat video hoaks vaksin. (metrotv) Mohammad Dari (tengah), pelaku penyebar dan pembuat video hoaks vaksin. (metrotv)

SUMENEP: Penyebar hoaks vaksin yang menghebohkan warga di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur akhirnya diringkus petugas kepolisian. Akibat perbuatannya, hampir seluruh warga satu kecamatan menolak vaksin.

Pelaku bernama Mohammad Dari ini menyebarkan h info hoaks vaksin melalui pesan whats-app. Pelaku yang di duga aparat Desa Romben Guna, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep merekam seorang pasien di Puskesmas Dungkek yang sedang kejang.

Kemudian menyebarkannya di grup whats-app  dengan mengatakan kejangnya pasien diakibatkan vaksin covid-19. Padahal pasien tersebut sebenarnya mengalami kejang lantaran sakit diare.

BACA: 37 Perawat Surabaya Meninggal Akibat Covid-19 Terima Santunan RP 444 Juta

"Kami langsung mengamankan pelaku karena dampak info hoaks tersebut nyaris warga satu kecamatan enggan untuk divaksin, " ujar Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti.

Didepan petugas kepolisan dan sejumlah tokoh masyarakat,  Mohammad Dari kemudian melakukan klarifikasi dan permohonan maaf karena sudah menyebarkan berita hoaks tentang vaksin.

"Dengan ini diharapkan warga untuk kembali kondusif  dan tidak lagi termakan berita hoak terkait vaksin. Sekaligus bersama mensukseskan pemerataan vaksinasi agar terwujud herd imunity, " harapnya.


(TOM)

Berita Terkait