Hujan Kartu Merah, Madura United Ditekuk Bali United

Duel Madura United vs Bali Undited/ist Duel Madura United vs Bali Undited/ist

GIANYAR: Bali United akhirnya membukukan kemenangan perdana usai mengalahkan Madura United pada pekan ke-3 Liga 1 Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Sabtu 15 Juli 2023 malam WIB.

Bali yang sempat tertinggal, justru berbalik unggul 2-1, skor yang bertahan hingga laga usai. Laga diwarnai drama tiga kartu merah, masing-masing dua untuk Madura, satu untuk pemain Bali.

Penalti diberikan wasit usai Novri Setiawan handball di kotak terlarang Bali United. Jaja yang menjadi algojo melakukan tugasnya dengan baik, Bola menghujam keras ke sudut kanan gawang Adilson Maringa. Skor 0-1 untuk Madura terjadi pada menit ketiga.

Tertinggal, Bali merespons lewat Ramdani Lestaluhu, Menerima skema sepak pojok, mengontrol bolanya dengan dada, Ramdani melepaskan tendangan first time namun masih bisa diblok kiper Satria Tama.

BACA: Singo Edan Tercabik di Kandang Persik

Penalti kedua diberikan wasit. Kali ini untuk Bali United setelah bek Madura Dodi Djin menyentuh bola dengan tangan. Berawal dari umpan di sisi kiri pertahanan Madura, bola ditepis Satria Tama, namun tak sempurna. Bola memantul tanah dan menyentuh tangan Dodi. Jefferson yang menjadi algojo menjalankan tugasnya dengan baik. Skor 1-1 terjadi pada menit 22.

Sempat terjadi insiden yang membuat Novri Setiawan mengalami cedera kepala setelah berduel udara dengan Lulinha.. Eks pemain Persija tersebut terpaksa ditarik keluar karena luka di kepala.

Sempat terhenti beberapa menit, Serdadu Tridatu berbalik unggul melalui Jajang Mulyana yang mencetak gol sundulan menit 33. Berawal dari freekick Rashid, bola dikuasai Yabes Roni yang memberi umpan terukur ke tengah kotak penalti. Jajang mengarahkan bola dengan sundulannya tanpa bisa dicegah Satria Tama. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Bali.

Menit ke 35, kapten Madura United Fachrudin harus menerima kartu kuning kedua alias dikartu merah wasit. Bek senior tersebut membuat pelanggaran kepada kapten Bali United Ricky Fajrin. Madura bermain dengan 10 orang saat Bali juga sudah berbalik unggul.

Di pengujung laga, Jefferson dan Jajang Maulana nyaris mencetak gol dengan kepalanya ke gawang Madura United. Semua bola berawal dari sepak pojok Rashid di sisi kanan tim berjuluk Sape Kerrab.

Babak kedua, permainan tetap terbuka diperagakan kedua tim. Meski bermain dengan 10 orang, Madura tidak bermain bertahan. Bali yang sudah unggul dan memiliki satu pemain lebih banyak, sempat mengancam lewat Privat Mbraga dan Yabes Roni.

Madura merespons dengan upaya  Junior Brandao. Terbaik diperoleh pada menit 65 saat Junior Brandao mendapatkan sundulan hasil umpan Dodi. Sayang, sundulannya masih di atas mistar gawang Adilson.

Dodi yang menerobos masuk ke kotak penalti sempat menyulitkan kiper Maringa pada menit 77. Madura tersu ngotot mengejar ketertinggalan, meski dengan 10 pemain.

Bali akhirnya juga harus bermain dengan 10 pemain setelah Yabes Roni diusir wasit usai melanggar Cleberson pada menit 83. Tak lama, Madura kembali kehilangan satu pemainnya usai Tahir dikartu merah karena menyikut Andhika pada menit 85. Bali kembali unggul satu pemain atas Madura United.

Madura tetap memberikan perwalanan di sisa waktu. Beto Goncalves yang baru masuk cukup merepotkan pertahanan Bali, padahal usianya tak lagi muda, 42 tahun.

Hingga 90 menit plus tambahan lima menit, tak ada lagi gol tercipta. Laga seru tersaji di pekan ke-3 antara Bali United vs Madura United.

Dua penalti, tiga kartu merah mewarnai laga yang berakhir 2-1 untuk kemenangan Bali United. Raihan 3 poin perdana untuk Bali setelah kalah di dua laga sebelumnya.

Bagi Madura, kehilangan dua pemain akibat kartu merah tentunya akan mengurangi amunisi di laga selanjutnya. Untuk kali pertama pada musim ini, Madura harus kehilangan poin setelah di dua laga awal meraih 4 poin.

Susunan pemain:

Bali United: 1-Adilson Maringá, 73-J. Mulyana, 24-R. Fajrin, 44-K. Arel, 77-R. Lestaluhu, 37-P. Mbarga, 22-N. Setiawan, 74     Mohammed Rashid, 7-S. Saimima,  94-Jefferson, 11-Y. Roni, Pelatih: Teco Cuguera

Madura United: 88-S. Tama, 4-Cleberson, 19-F. Aryanto, 33-K. Ari, 76-A. Djin, 7-F. Rivera, 8-Jajá, 15-R. Ariansyah, 11-Lulinha, 95-Júnior Brandão, 30-S. Tuharea. Pelatih: Maurício Souza.

 


(TOM)

Berita Terkait