8 Jenazah Erupsi Semeru yang Belum Teridentifikasi Dimakamkan

Proses pemakaman jenazah erupsi Semeru yang belum diidentifikasi (Foto / Metro TV) Proses pemakaman jenazah erupsi Semeru yang belum diidentifikasi (Foto / Metro TV)

LUMAJANG : Delapan jenazah korban erupsi Gunung Semeru yang belum teridentifikasi akhirnya dimakamkan, Senin 3 Januari 2022. Jenazah berupa potongan tubuh tersebut dimakamkan di lokasi khusus di dekat permakaman umum Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Prosesi pemakaman delapan jenazah ini hampir sama dengan pemakaman jenazah pada umumnya. Hanya saja petugas memberikan tanda nomor registrasi jenazah pada batu nisan. Nomor tersebut untuk memudahkan tim bila di kemudian hari ditemukan kecocokan DNA pada korban.

Sebelum dimakamkan, seluruh jenazah didoakan oleh pemuka agama dan relawan. Setelah itu dimakamkan secara bersama-sama secara Islam. Selain delapan jenazah tanpa identitas, petugas juga memakamkan tiga jenazah korban erupsi yang telah teridentifikasi.

Baca Juga : 4 Warga Malang Negatif Omricon, 1 Meninggal

Ketiga jenazah tersebut yakni Samsul Arifin (34) warga Desa Supiturang, Buinem (65) warga Desa Supiturang dan Agus Sutrisno (36) warga Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo. "Semuanya dimakamkan hari ini, namun lokasinya berbeda. Untuk yang belum teridentifikasi kami makamkan di Permakaman Desa Penanggal. Tapi lokasinya disendirikan," kata Kepala Desa Penanggal, Cik Ono.

Sementara itu, proses pemakaman massal 11 jenazah tersebut menandai berakhirnya tugas idenifikasi tim DVI Polda Jatim dalam bencana erupsi Gunung Semeru.

 


(ADI)

Berita Terkait