Sosok Ulama Besar, Ini Deretan Karya Syaikhona Kholil

Salah satu manuskrip yang ditulis Syaikhonan Muhammad Kholil saat masih hidup (Foto / Istimewa) Salah satu manuskrip yang ditulis Syaikhonan Muhammad Kholil saat masih hidup (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Untuk membangkitkan semangat dalam mempelajari sejarah Islam khususnya di Kabupaten Bangkalan, Lajnah Turots Ilmi Syaikhona Muhammad Kholil memamerkan hasil karya milik ulama besar Syaikhona Muhammad Kholil.

Dalam pameran ini terdapat lukisan, karya ilmiah serta belasan manuskrip yang dibuat oleh Syaikhona Muhammad Kholil semasa hidup. Beberapa karya ilmiah tersebut diantaranya yakni fiqih ibadah serta fiqih tentang panduan menikah.

“Selain itu, ada 7 karya yang kita cetak yakni catatan beliau sejak 1930an, tasrif izzi, alminah, rotib syaikhona kholil, nahwu tingkat dasar hingga lanjutan dan lainnya,” ujar Ketua Lajnah Turots Ilmi Syaikhona Kholil, Usman Hasan Al- Akhyari, Kamis 25 November 2021.

Di lokasi yang sama, Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron menyebutkan karya ilmiah dan peninggalan yang dipamerkan dapat digunakan sebagai pengetahuan sejarah bagi masyarakat. Pameran yang dilaksanakan selama tiga hari ini diharapkan menjadi semangat baru para generasi penerus untuk mentauladani Syaikhona Kholil.

Baca Juga : Yuk Sedekah Dengan Cara Ini! Niscaya Pahalanya Akan Terus Mengalir

“Banyak karya yang dihadirkan sejak beliau menimba ilmu di seluruh penjuru tanah air hingga timur tengah. Dan banyak sekali yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Jatim Muhammad Nasih Aschal atau biasa disapa Ra Nasih ini juga mengatakan, pameran tersebut sekaligus menjadi ajang bertemunya filolog pesantren nusantara untuk mempelajari kembali sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“Para filolog dan ahli sejarah dipertemukan untuk melihat langsung bagaimana peninggalan dan karya Syaikhona Kholil yang dapat memperkaya sejarah perjalan bangsa ini. Sehingga tidak hanya berupa cerita namun terdapat bukti nyata peninggalan beliau,” tandasnya


(ADI)

Berita Terkait