Selain Menyehatkan, Ternyata Minum Air Putih Juga Membahayakan Lho

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Clicks: Air merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia. Jika kebutuhan air tidak tercukupi, maka tubuh akan mengalami dehidrasi yang membahayakan.

Kandungan air dalam tubuh manusia berkisar 60 hingga 70 persen dari berat tubuh. Maka dari itu, air memiliki peran penting bagi organ-organ dalam tubuh sehingga dapat bekerja dengan baik.

Namun jangan salah, selain menyehatkan, ternyata meminum air putih juga bisa mengancam kesehatan. Misalnya saja jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi air putih, maka ia akan mengalami overhidrasi.

Dihimpun dari berbagai sumber, overhidrasi dapat menyebabkan keracunan air. Yakni, ketika jumlah garam dan elektrolit lain dalam tubuh menjadi terlalu cair.

"Jika elektrolit seseorang menurun dengan cepat, hal itu bisa berakibat fatal," mengutip Healthline, Jumat, 15 Oktober 2021.

Dalam jurnal Militer Medicine yang terbit pada 2001, para peneliti mengamati data pihak militer Amerika Serikat (AS) untuk mengidentifikasi kasus hiponatremia selama 1996 hingga 1997. 

Hasilnya, ada 17 kasus yang terjadi karena kebiasaan para siswa militer AS yang menenggak 2 liter air per jam setelah melalui pelatihan yang berat. Mereka mengalami muntah dan tegang.

Selain itu, penelitian lainnya menunjukkan minum terlalu banyak air bisa menyebabkan rasa mual, muntah, pingsan, koma, bahkan kematian. 

Kematian karena kelebihan cairan memang jarang terjadi, tetapi itu bukan hal yang mustahil. Untuk itu, Anda perlu mengatur jumlah air yang diminum. (Raissa Oktaviani)


(RAI)