Netflix Tuntut Pembuat Teater Musikal Bridgerton

Signage at the Netflix booth is seen on the convention floor at Comic-Con International in San Diego, California, U.S., July 21, 2022. REUTERS/Bing Guan (REUTERS/BING GUAN) Signage at the Netflix booth is seen on the convention floor at Comic-Con International in San Diego, California, U.S., July 21, 2022. REUTERS/Bing Guan (REUTERS/BING GUAN)

Layanan streaming digital Netflix melayangkan tuntutan kepada pembuat teater musikal "Brigerton" karena dianggap melanggar hak cipta. Gugatan itu dilayangkan kepada Abigail Barlow dan Emily Bear di Pengadilan Federal Washington D.C, tiga hari setelah pertunjukan "The Unofficial Bridgerton Musical".

"Bridgerton" sendiri merupakan salah satu serial original Netflix terpopuler yang ceritanya diadaptasi dari karya seorang novelis bernama Julia Quinn. Dalam sebulan pertama peluncurannya, serial ini berhasil menggaet 82 juta penonton.

Dilansir dari Antara, Netflix mengatakan, sebulan pertama setelah diluncurkan pada Desember 2020, tergugat mulai mengunggah konten Bridgerton di TikTok. Konten yang mereka buat di antaranya berupa lagu berdasarkan karakter, dialog, dan alur cerita yang ada di serial tersebut. 

"Tingkah Barlow dan Bear dimulai di media sosial, tapi membuat cerita fiksi penggemar sudah melewati batas. Ini adalah pelanggaran terang-terangan atas hak kekayaan intelektual," kata Netflix, dikutip dari Antara, Minggu, 31 Juli 2022.

Netflix sudah meminta tergugat untuk berhenti, tapi mereka tetap meluncurkan album "The Unofficial Bridgerton Musical" yang menang Grammy dan juga meluncurkan pertunjukan teater musikal.

Netflix mengajukan gugatan supaya pelanggaran berhenti dan mereka memberikan ganti rugi, yang tidak disebutkan nilai dan bentuknya.


(SUR)

Berita Terkait