Joko Anwar Isyaratkan Film Pengabdi Setan 3 dengan Sejumlah Syarat

Sutradara Joko Anwar dalam acara Sutradara Joko Anwar dalam acara "gala premiere" film “Pengabdi Setan 2: Communion” di XXI Epicentrum, Jakarta, (02/08/2022). ANTARA/Rizka Khaerunnisa.

Sutradara Joko Anwar mengatakan 'Pengabdi Setan 2:Communion' yang tayang mulai 4 Agustus 2022 berpotensi memiliki sequel. Namun, nasib Pengabdi Setan 3 tergantung respons penonton kepada  Pengabdi Setan 2:Communion. 

“Apakah akan ada ‘Pengabdi Setan 3’? Kita akan lihat apakah penonton akan cinta atau tidak ke karakter-karakter yang ada di ‘Pengabdi Setan 2’, dan jawabannya akan kita ketahui dalam waktu yang singkat,” kata Joko Anwar dikutip dari Antara, Rabu, 3 Agustus 2022.

Ketika akhirnya 'Pengabdi Setan' dirilis pada 2017, berbagai pihak juga mempertanyakan apakah film akan dilanjutkan dengan sekuel. Joko menegaskan kembali dirinya bakal melanjutkan film apabila mendapat respons baik dari penonton.

“Kami akan bikin kelanjutannya dengan catatan filmnya harus sukses dulu. Sukses artinya apa? Apakah sukses komersil? Tidak. Sukses komersil tidak pernah menunjukkan bahwa film itu sukses. Sukses berarti filmnya harus sustain secara penonton ingin mengetahui kelanjutannya,” katanya.

Jika Pengabdi Setan 3 dibuat, Joko menjamin seluruh aspek dalam produksi film juga akan ditingkatkan lagi. Sebelumnya, Joko menyebut Pengabdi Setan 2 dibuat dengan standar setingkat lebih tinggi dari film sebelumnya.

“Ketika kami bikin film ‘Pengabdi Setan 2’, kami sepakat, karena kami sudah sepakat ‘Pengabdi Setan 1’ adalah standar yang terendah, kami mau tidak mau harus membuat ‘Pengabdi Setan 2’ setingkat lebih tinggi lagi pencapaiannya dari segi storytelling, estetika, teknis, dan sebagainya,” ujar Joko.


(SUR)