Pansus Jember Temukan Bantuan Covid-19 Rp1,2 Miliar Tidak Disalurkan

Ribuan bansos covid-19 berupa tenda lipat untuk pedagang kaki lima senilai Rp1,2 miliar tak tersalurkan (Foto / Metro TV) Ribuan bansos covid-19 berupa tenda lipat untuk pedagang kaki lima senilai Rp1,2 miliar tak tersalurkan (Foto / Metro TV)

JEMBER : Ribuan bantuan covid-19 berupa tenda lipat senilai Rp1,2 miliar di Jember ditemukan mangkrak. Tenda bantuan untuk covid-19 itu tidak tersalurkan kepada pedagang kaki lima yang terdampak pandemi.

Temuan itu diketahui setelah panitia khusus (pansus) DPRD Jember melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah gudang penyimpanan bantuan covid-19. Diketahui, ada sebanyak 1223 tenda tak disalurkan.

Ribuan tenda lipat itu dibeli dari alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jember. Seharusnya sejak tiga bulan lalu tenda tersebut disalurkan kepada pedagang kaki lima yang terdampak pandemi covid-19.

"Ini kami mendapati tenda tersebut mangkrak, bahkan sebagian tenda sudah mulai rusak karena penyimpanan yang kurang baik," kata anggota DPRD Jember, David Handoko Seto, Jumat 26 Februari 2021.

Terpisah, Kepala BPBD Jember, Satuki mengatakan tidak tersalurkannnya tenda kepada pedagang akibat bencana banjir yang melanda Jember dalam beberapa pekan terakhir sehingga menghambat distribusi.

"Banjir beberapa waktu lalu memang membuat distribusi tenda ini tertunda," kilahnya.  

Terkait hal ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Plh bupati Jember untuk segera mendistribusikan tenda yang masih tersimpan di gudang. Saat ini dari 1600 tenda, sebanyak 400 tenda sudah terdistribusi kepada pedagang kaki lima.

 


(ADI)

Berita Terkait