14 Bulan Tak Digaji, Ratusan Buruh di Pasuruan Mengadu DPRD

Aksi buruh mendatangi DPRD Kabupaten Pasuruan/metrotv Aksi buruh mendatangi DPRD Kabupaten Pasuruan/metrotv

PASURUAN:  Ratusan buruh pabrik sepatu PT Karya Mitra Budi Santoso mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu 14 Desember 2022. Mereka mengadukan nasib lantaran sudah 14 bulan tidak digaji pihak perusahaan.

Dengan membawa berbagai macam poster bertuliskan tuntutan,  sekitar 300 buruh ini datang bersamaan dengan kawalan polisi. Para buruh melakukan orasi meminta agar anggota DPRD mencari solusi agar  para buruh mendapatkan haknya.

Ketua DPW Sarbumusi Jawa Timur, Suryono Pane mengatakan, saat ini ada sekitar 5.000 buruh yang dirumahkan secara sepihak dan tidak menerima gaji dengan alasan perusahaan mengalami pailit.

"Padahal, perusahaan yang sudah dinyatakan pailit tetap harus membayar gaji buruh yang sudah terlanjur bekerja sebelum perusahaan dinyatakan pailit, " ujarnya.  

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Andri Wahyudi menjelaskan, pihaknya akan memanggil pihak perusahaan dan Disnaker Kabupaten Pasuruan.

"Kami akan mintai keterangan mengapa buruh di Pabrik Karya Mitra Budi Santoso ini tidak digaji sampai 14 bulan, " ujarnya.  

 

 


(TOM)

Berita Terkait