Google Doodle Ingatkan Pentingnya Menggunakan Masker di Tengah Pandemi Covid-19

Google doodle hari ini meningatkan pentingnya penggunaan masker di tengah pandemi covid-19 Google doodle hari ini meningatkan pentingnya penggunaan masker di tengah pandemi covid-19

Clicks: Pemerintah tak pernah lelah mengingatkan masyarakat Indonesia untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan). Beragam kampanye 5M pun digalakkan oleh berbagai pihak demi memutus rantai penyebaran covid-19.

Google pun ikut mengingatkan masyarakat akan pentingnya penggunaan masker saat beraktivitas melalui animasi doodle. Animasi berdurasi pendek itu menampilkan huruf Google yang tengah memakai masker dengan motif dan warna yang berbeda-beda.

“Pakai masker, selamatkan nyawa. Masker tetap penting karena covid-19 terus berdampak pada komunitas di seluruh dunia. Bantu hentikan penyebarannya dengan mengikuti langkah-langkah ini,” tulis Google di situs resminya, Selasa, 6 April 2021.

Setelah mengeklik doodle, kalian akan diarahkan ke laman pencarian tentang protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran covid-19. Tak hanya itu, total kasus covid-19 juga ditampilkan dalam tautan tersebut.

Beberapa situs resmi, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), hingga situs tepercaya di Indonesia juga ditampilkan oleh Google. Terutama yang memuat artikel tentang covid-19. 

Google doodle ini juga muncul di negara lainnya, seperti di Amerika Serikat, Honduras, Kolombia, Argentina, Uruguay, Inggris, Finlandia, Prancis, Vietnam, India, Arab Saudi, hingga Irak. Melalui doodle tersebut, kita diingatkan bahwa meskipun vaksin covid-19 sudah ada, bukan berarti penerapan protokol kesehatan dihentikan.

Berikut hal-hal yang bisa kalian lakukan untuk mencegah penyebaran covid-19:
1. Cuci tangan kalian sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air atau antiseptik berbasis alkohol.
2. Jaga jarak aman dari siapa pun yang batuk atau bersin. Tetapi, menjaga jarak dengan orang lain meski mereka dalam keadaan yang sehat akan jauh lebih baik. 
3. Selalu memakai masker dimana pun kalian berada, khususnya ketika beraktivitas di luar rumah.
4. Hentikan kebiasaan menyentuh mata, hidung, atau mulut.
5. Ketika kalian batuk dan bersin, tutuplah hidung serta mulut kalian dengan siku yang tertekuk atau tisu.
6. Apabila merasa tidak enak badan, tetap di rumah.
7. Ketika kalian mengalami demam, batuk, dan sesak napas, segera hubungi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan bantuan medis.


(SYI)

Berita Terkait