Inilah Daftar Stadion  yang Ditunjuk PSSI untuk Menggelar Piala Dunia U-20

Petugas menyemprotkan larutan disinfektan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020) untuk mengantisipasi penyebaran covid-19. (Foto : ANTARA Jatim/Didik Suhartono) Petugas menyemprotkan larutan disinfektan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020) untuk mengantisipasi penyebaran covid-19. (Foto : ANTARA Jatim/Didik Suhartono)

JAKARTA : Pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mulai dipersiapkan. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menetapkan enam stadion yang akan digunakan untuk perhelatan akbar tersebut. 

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan pihaknya sudah mengirimkan surat untuk enam stadion tersebut ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Keenam  stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

"Stadion-stadion tersebut menjadi representasi dari beberapa wilayah di Indonesia dan telah berpengalaman menggelar pertandingan-pertandingan internasional seperti Asian Games 2018," ungkap Irawan Jumat 26 Juni 2020. 

Setelah surat dikirimkan, Kementerian PUPR tinggal merevitalisasi stadion-stadion tersebut. 
Selain itu, stadion-stadion tersebut juga perlu dilengkapi dengan lima stadion di sekitarnya yang digunakan untuk tempat latihan tim peserta dan wasit.

"Mudah-mudahan pemerintah dan Kementerian PUPR dapat segera menyelesaikan pembangunannya karena waktu sudah mendesak. Semoga bulan Februari atau Maret 2021 sudah bisa selesai agar siap dua bulan sebelum Piala Dunia U-20," terangnya.

Sebelum menentukan enam stadion tersebut, PSSI mengajukan 11 kandidat stadion untuk Piala Dunia U-20. Dengan ditetapkannya enam stadion, maka lima stadion yang tidak terpilih adalah Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi) dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru).

Selain stadion, PSSI juga terus menyiapkan tim nasional untuk Piala Dunia U-20 tersebut. Skuat yang diproyeksikan untuk kejuaraan itu adalah timnas U-19 asuhan manajer pelatih timnas Shin Tae-yong yang akan berlaga di Piala Asia U-19 tahun 2020 pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.


(ADI)