Ditahan Thailand, Jalan Indonesia Makin Terjal

Duel Indonesia vs Thailand/ist Duel Indonesia vs Thailand/ist

JAKARTA: Timnas Indonesia harus kembali bermain seri tanpa gol melawan Thailand dalam laga Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu malam, 6 Juli 2022.

Kegagalan meraih poin penuh, membuat peluang Indonesia melaju ke semifinal bakal terjal. Saat ini, Tim Garuda tertahan di peringkat keempat klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan lima poin dari tiga laga.

Sementara  Thailand di posisi kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga pertandingan. Status pemimpin grup masih dipegang Vietnam dengan poin serupa Thailand namun ungggul agregat gol setelah menang dari Brunai 4-0.

Di peringkat ketiga ditempati Myanmar dengan enam poin. Sedangkan di bawah Indonesia ada Filipina  dan Brunei Darussalam sebagai juru kunci. Meski peluang Indonesia belum tertutup, namun di dua laga menghadapi Myanmar dan Filipina, Indonesia wajib menang.

BACA: Shin Tae-yong Minta Pemain Timnas U-19 Tidak Di-bully

Dari laga versus Thailand, Indonesia sejatinya tampil baik sejak menit awal. Anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong mendominasi pertandingan, tetapi tak ada gol tercipta.

Pada menit ke-10, Indonesia bisa saja membuka skor andai tendangan cungkil Ronaldo Kwateh ke gawang kosong tak mampu buru-buru ditepis oleh kiper Narongsak Naengwongsa.

Menjelang babak pertama tuntas, timnas U-19 Indonesia mengalami situasi tak menyenangkan. Gelandang andalan sekaligus kapten pada laga itu Marselino Ferdinan harus keluar lapangan karena cedera dan digantikan oleh Muhammad Ferarri. Skor 0-0 bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Seusai turun minum, intensitas serangan Indonesia stabil pada menit-menit mula. Akan tetapi, itu tak bertahan lama. Kehilangan Marselino Ferdinan membuat permainan Indonesia tidak stabil yang membuat Thailand berbalik menekan.

Thailand menerjang dengan kesempatan demi kesempatan. Beruntung Indonesia mempunyai kiper Cahya Supriadi yang mampu melakukan sedikitnya lima penyelamatan penting sepanjang paruh kedua.

 


(TOM)

Berita Terkait