Supervisi Lapas Sidoarjo, Begini Pesan Ombudsman Jatim

 Kepala Ombudsman Jatim Agus Muttaqin dan Kalapas Teguh Pamuji saat mengecek kondisi lapas (Foto / Kemenkumham) Kepala Ombudsman Jatim Agus Muttaqin dan Kalapas Teguh Pamuji saat mengecek kondisi lapas (Foto / Kemenkumham)

SIDOARJO : Lapas Sidoarjo terus berupaya menciptakan budaya pelayanan prima. Untuk merealisasikan hal tersebut, lapas yang dipimpin Teguh Pemuji itu menggandeng Ombudsman. Kepala Ombudsman Jatim Agus Muttaqin melakukan supervisi pelayanan lapas.

Didampingi Teguh, Agus melakukan inspeksi ke beberapa bagian lapas. Dia memberikan atensi terhadap mekanisme pelayanan kunjungan dan penitipan barang yang ada. Menurutnya, inovasi pelayanan yang dibuat menjadi pembeda Lapas Sidoarjo dengan lapas lainnya.

“Secara alur sudah jelas, ada kepastian pelayanan lewat inovasi si CakMan (Aplikasi Lacak Pengiriman, red),” kata Agus, Kamis 1 September 2022.

Selain itu, Agus memberikan atensi terhadap pemanfaatan media luar ruang. Yang menurutnya sudah cukup optimal sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat pengguna layanan. Apalagi Lapas Sidoarjo selama ini giat sosialisasi ke desa/ kelurahan melalui inovasi siPemuda (Pemasyarakatan Masuk Desa).

"Di Lapas Sidoarjo sudah banyak inovasi yang menjadi pembeda. Saya rasa inovasi ini menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat," terangnya.

Baca juga : Polda Jatim Bekuk Komplotan Pencuri 30 Ton Gula Rafinasi

Mantan redaktur salah satu media cetak itu juga memberikan penguatan kepada jajaran Lapas Sidoarjo. Menurutnya, petugas lapas tidak boleh alergi dengan pengaduan dari masyarakat. Pengaduan, lanjut Agus, harus diartikan sebagai sara komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat. Sehingga, harus dikelolah dengan baik.
 
Dia meminta korps baju biru laut itu untuk mengoptimalkan pengelolaan pengaduan. Jangan sampai aduan tidak dikelola dan akhirnya masuk ke Ombudsman. “Kalau ada aduan yang masuk, jangan diartikan menjatuhkan atau mengganggu. Namun harus direspon dan ditindaklanjuti dengan perbaikan pelayanan," harapnya.
 
Sementara itu, Kalapas Teguh Pamuji mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ombudsman Jatim. Menurutnya, ini menjadi wujud komitmen pihaknya yang selalu berupaya menciptakan perbaikan pelayanan. “Kami harap, dengan supervisi dan penguatan dari Kepala Ombudsman Jatim, pelayanan di Lapas Sidoarjo semakin baik ke depannya,” terangnya.


(ADI)

Berita Terkait