Damkar Kota Batu Luncurkan Aplikasi SIP Akurat Mudahkan Masyarakat

Foto arsip. Personel Damkar Kota Batu pada saat melakukan penanganan pembersihan material lumpur, di Kota Batu, Jawa Timur. ANTARA/HO-BPBD Kota Batu. Foto arsip. Personel Damkar Kota Batu pada saat melakukan penanganan pembersihan material lumpur, di Kota Batu, Jawa Timur. ANTARA/HO-BPBD Kota Batu.

Kota Batu: Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Batu meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Akurat Pemadaman dan Penyelamatan (SIP Akurat). Aplikasi ini diharap mempermudah masyarakat melaporkan kejadian kebakaran atau non-kebakaran.

Kabid Pencegahan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu, Santoso Wardoyo, menjelaskan aplikasi ini dirancang untuk mengatur laporan kejadian dengan lebih baik. Laporan yang tertata membuat pengaduan kebakaran dan penyelamatan lebih cepat diproses.

"Sehingga penanganan lebih efektif dan efisien," kata Santoso dikutip dari Antara, 10 Juni 2024.

Aplikasi SIP Akurat juga membantu Damkar Kota Batu dalam mencatat dan melaporkan kejadian dengan lebih baik. Apalagi, jumlah personel Damkar yang terbatas. Aplikasi ini membantu petugas dalam membuat laporan dan dokumentasi yang akurat.

Dia menambahkan bahwa dengan adanya aplikasi SIP Akurat, masyarakat dapat lebih cepat melaporkan berbagai kejadian, baik kebakaran maupun nonkebakaran, yang selama ini dilakukan melalui layanan telepon dan pesan singkat selama 24 jam.

"Aplikasi ini berguna untuk menunjang atau membantu mempermudah dua pihak, yakni masyarakat dalam proses pelaporan dan pihak petugas agar lebih cepat membuat laporan tindakan serta merekap kejadian yang sudah diatasi," ujarnya.

Aplikasi SIP Akurat berbasis android. Masyarakat yang memakai telepon genggam atau gawai berbasis Android dapat mengunduh di Google Playstore.


(SUR)

Berita Terkait