Rapat Pleno Tingkat Provinsi telah Diikuti 31 Kabupaten/Kota

Pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 yang digelar KPU Jawa Timur, di Surabaya, Kamis, 7 Maret 2024. Antara/Ananto Pradana. Pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 yang digelar KPU Jawa Timur, di Surabaya, Kamis, 7 Maret 2024. Antara/Ananto Pradana.

Surabaya: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur gelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi di Surabaya. Rapat pleno telah diikuti 31 kabupaten atau kota sejak 3 Maret hingga 8 Maret 2024. 

"Alhamdulillah 31 kabupaten/kota sudah rekapitulasi. Tersisa tujuh daerah, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Surabaya, Jember, dan Lumajang," kata Bawaslu Jatim/PMII Aang Kunaifi, dikutip dari Medcom.id, 8 Maret 2024. 

Aang mengungkapkan bahwa rekapitulasi di tujuh daerah belum dilakukan karena masih menunggu jadwal pembacaan formulir D hasil, misalnya Kabupaten Jember dan Lumajang. 

“Sedangkan untuk lima daerah lainnya masih menunggu rampungnya proses rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota. "Ditargetkan tanggal 8 Maret ini, selesai semuanya," imbuh Aang. 

Berdasarkan perkembangan persentase partisipasi masyarakat untuk pemilu 2024 di 31 wilayah/kota, selama rekapitulasi sebesar 34%. 

 "Angka itu melebihi target nasional. Terima kasih kepada seluruh pihak," ucap Aang.

Selain itu, Aang menjelaskan bahwa tidak mendapatkan hambatan selama pelaksanaan perhitungan suara di tingkat provinsi. Sebab, adanya dukungan yang diberi oleh para pemangku kebijakan di Jawa Timur. 

"Kami berkoordinasi dengan pihak Forkopimda, tadi pagi juga mendapatkan kunjungan dari Pj Gubernur Jawa Timur, Pak Kapolda, Pangdam yang meninjau kondisi pelaksanaan rekapitulasi," terang Aang. 


(SUR)

Berita Terkait