Pemkot Surabaya Mulai Vaksinasi Booster, Ini Sasarannya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mulai menggelar vaksinasi booster atau vaksin dosis ketiga, Rabu 12 Januari 2022. Sasarannya para lansia, tenaga pendidik, pelayan publik dan kelompok rentan lainnya. Kepala Dinkes Kota Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan, pelaksanaan vaksinasi booster ini sesuai dengan arahan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

"Hari ini kita sudah bisa memulai pelaksanaan vaksin booster atau dosis 3. Untuk Kota Surabaya kita sudah memulai hari ini," katanya.

Nanik mengatakan, terdapat 12 puskesmas yang menyelanggarakan vaksinasi booster ini. Vaksin yang disiapkan yakni jenis Astrazeneca (AZ) dengan total 680 sasaran. Ke-12 puskesmas tersebut yakni Puskesmas Wiyung, Puskesmas Lidah Kulon, Puskesmas Sidosermo, Puskesmas Benowo, Puskesmas Tanah Kali Kedinding, Puskesmas Tenggilis, Puskesmas Sememi, dan Puskesmas Sawahan.

Baca Juga : Pasien Omricon Meningkat, Ada 506 Orang

"Selanjutnya, Puskesmas Pegirian, Puskesmas Sidotopo, Puskesmas Putat Jaya, Puskesmas Krembangan Selatan. Kemudian kami juga menggunakan vaksin Pfizer, dengan sebanyak 6.000 dosis untuk 12.000 sasaran," tuturnya.

Terkait persyaratan penerima vaksinasi booster, Nanik menjelaskan, bila penerima vaksin haruslah masyarakat yang telah mendapat vaksinasi dosis satu dan dosis dua. Hal ini dibuktikan dengan membawa sertifikat vaksin dan fotokopi KTP.

"Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Minimal yang bisa mendapat vaksin booster itu, mereka sudah mengikuti vaksin dosis dan dua, serta sudah berjalan selama enam bulan. Jadi tidak semua bisa divaksin," katanya.

 


(ADI)

Berita Terkait