Pemkab Probolinggo Tekankan Inflasi jelang Lebaran 2024 dengan Alokasi dana Rp 2 Miliar

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto bersama sejumlah OPD melakukan inspeksi mendadak di Pasar Semampir, Selasa (19/3/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Probolinggo). Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto bersama sejumlah OPD melakukan inspeksi mendadak di Pasar Semampir, Selasa (19/3/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Probolinggo).

Probolinggo: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Jawa Timur, menyiapkan anggaran Rp 2 miliar untuk menekan inflasi jelang Lebaran 2024. Anggaran itu akan dipakai untuk menormalisasi harga pangan dan kebutuhan masyarakat yang selalu naik jelang Idulfitri

"Anggaran tak terduga yang digelontorkan untuk menekan inflasi sebesar Rp2 miliar dengan melakukan intervensi harga," ucap Penjabat (Pj)  Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, dikutip dari Antara pada Rabu, 20 Maret 2024.

Dari hasil inspeksi mendadak di Pasar Semampir, Pj Bupati Ugas mengakui kenaikan harga merata walau tak signifikan. Harga-harga bahan pokok yang termonitor tersebut akan menjadi acuan dalam program intervensi.

“Ada beberapa poin yang akan kami intervensi dan penekanan agar pihak-pihak tertentu yang ingin bermain akan dimediasi menggunakan pendekatan persuasif, sehingga masyarakat jangan terlalu diberatkan," tutur Pj Bupati Ugas.

Menurut Pj Bupati Ugas sejumlah  intervensinya ialah memberikan subsidi seperti beras, gula, dan minyak goreng. Saat terjadi beberapa perkembangan misalnya daging ayam maka akan dilakukan intervensi juga.

"Intervensi itu dilakukan dengan memberikan subsidi harga yang diambilkan dari dana khusus tidak terduga yang memang diajukan oleh pemerintah untuk menekan inflasi, sehingga ada beberapa harga pasar yang kami turunkan," papar Pj Bupati Ugas.

Pj Bupati Ugas menegaskan bahwa anggaran tidak terduga sebesar Rp2 miliar yang diberikan ini untuk menekankan inflasi sampai Lebaran 2024.

"Kami terus memantau jangan sampai masyarakat Kabupaten Probolinggo mengeluh harga mahal apalagi sampai kelaparan. Kami pantau karena setelah ini panen raya akan banyak stok beras," terang Pj Bupati Ugas.

Pemkab Probolinggo yang akan memantau prosesnya dari awal hingga penjualan dan jika ada barang yang mahal, maka pihaknya hendak melakukan intervensi.

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto akan bekerja sama dengan sejumlah OPD untuk melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan pada Selasa, 19 Maret 2024. Kegiatan itu untuk memantau perkembangan harga sembako selama bulan Ramadan dan jelang Lebaran 2024.


(SUR)

Berita Terkait