Kapal Karam di Sumenep, Ribuan Gas Elpiji dan Sembako Tercebur Laut

Ribuan tabung LPG 3kg tercebur ke laut/metortv Ribuan tabung LPG 3kg tercebur ke laut/metortv

SUMENEP: Sebuah kapal pengangkut ribuan tabung gas elpiji (LPG) dan sembako karam di Pelabuhan Gersik Putih, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa 21 Maret 2023.

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 7800 tabung gas LPG 3 kilogram berserakan di laut. Selain LPG, muatan berbagai sembako seberat 1 ton juga ikut karam.

Dari informasi yang dihimpun, Kapal Layar Motor (KLM) Putra Putri yang karam tersebut sedang bersandar dan bongkar muat. Gas LPG serta sembako rencananya akan dibawa ke Pulau Kangean, Sumenep

Salah seorang ABK, Hamsura mengaku, saat sedang memasukan LPG dan sembako, air laut tiba tiba pasang disertai ombak. Karena posisi kapal yang kurang tepat atau miring membuat air masuk ke dalam kapal.

BACA: 4 Penumpang Becak Terpental Ditabrak Truk

"Air langsung masuk dan menenggelamkan kapal beserta muatannya, " ujarnya.

Sementara Kasat Polair Polres sumenep, AKP Totok mengatakan, petugas kepolisian beserta warga berusaha mengevakuasi ribuan LPG dan sembako yang sebagian besar sudah rusak.

"Untuk bangkai kapal petugas masih menunggu alat berat untuk mengevakuasinya. Penyebab karamnya kapal diduga karena muatan terlalu penuh. Sehingga air mudah masuk, " jelasnya.

 


(TOM)

Berita Terkait