Pemilik Toko Peracangan di Pasuruan Temukan Benda Antik, Diduga Peninggalan Belanda

Dua benda antik ini diklaim peninggalan Belanda (Foto/ Metro TV) Dua benda antik ini diklaim peninggalan Belanda (Foto/ Metro TV)

PASURUAN : Slamet Riyadi (65) warga Kelurahan/Kecamatan Purworejo, Pasuruan, menemukan barang antik yang diduga peninggalan zaman belanda. Benda berada cawan kuningan itu ia temukan di kubangan drainase proyek pembangunan alun-alun Jalan WR Supratman.

Menurut Slamet, awalnya dirinya melakukan aktivitas setiap hari sebagai penjual peracangan, lantaran jalan berdebu ia menyirami kawasan ia berjualan. Tak berselang lama, ia melihat benda aneh yang ada di dalam galian dan tertindih batu bata merah.

Karena penasaran, ia mengcongkel benda aneh tersebut akhirnya ia bisa mengeluarkan benda yang membuatnya penasaran tersebut. “Karena penasaran saya congkel pakai celurit dan akhirnya bisa diambil. Isinya seperti guci, dengan batu bata merahnya juga,” ujarnya, Selasa 13 September 2022.

Menurutnya, karena rasa penasarannya masih belum habis, akhirnya dia kembali menggali sebagian dinding tanah yang ada didekat benda yang sudah diambilnya tersebut. Dan akhirnya benda satunya bisa kembali dia ambil.

Baca juga : Baru Bebas, Wanita di Tuban Ini Ajak Pacarnya Masuk Penjara

“Hanya dua ini saja yang sekarang baru didapat, tapi saya masih penasaran,” ujarnya.

Setelah barang tersebut bisa diambil kemudian barang tersebut dibersihkan menggunakan pasir dan akhirnya terlihatlah bentuk aslinya. Ditanya kira-kira itu benda apa dan tahun berapa, pihaknya tidak bisa menjawab. Dia hanya berkeinginan agar secepatnya ada orang yang membelinya.

“Ini benda apa saya gak tau, apalagi tahunnya saya juga kurang paham. Kalau ada yang mau beli silahkan, kalau gak ada saya bawa ke tempat roso’an biar tak jual timbangan aja,” pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait