Sumur Kuno dan Bokor Diduga Peninggalan Majapahit Ditemukan di Jombang

Sumur kuno ditemukan di Jombang (Foto / Metro TV) Sumur kuno ditemukan di Jombang (Foto / Metro TV)

JOMBANG : Penemuan sumur kuno di Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jommbang, Jawa Timur menghebohkan warga. Sumur tua itu ditemukan warga saat menggali tanah untuk pembuatan septick tank di area Pondok Pesantren Abdul Hadi. Warga menduga, sumur tua tersebut merupakan peninggalan era Majapahit.

Dugaan itu dilihat berdasarkan ciri batu bata yang berukuran lebih besar dan lebih tebal dari bata era sekarang. Posisi sumur tua itu ditemukan pada kedalaman dua meter di bawah permukaan tanah.

"Pas digali ada sumur itu. Airnya masih mengucur deras. Karena khawatir bangunan di atasnya ambrol, kami tutup kembali," kata Pengasuh Pesantren Abdul Hadi, KH Ahmad Makhrus, Rabu 5 Oktober 2022.

Kiai Makhrus mengatakan, keberadaan sumur seperti tersebut menjadi bukti adanya aktivitas kehidupan di tempat tersebut pada masa lalu. Sebab, selain sumur, warga juga sering menemukan berbagai benda kuno lain, seperti perhiasan kuno, keris hingga struktur bangunan atau perabotan rumah tangga.

baca juga : Truk Gandeng Rem Blong di Lumajang, Hantam 3 Kendaraan, 2 Tewas

"Salah satunya yang dapat kita lihat adalah sebuah bokor kuno dengan motif bunga teratai. Bokor yang berwarna kuning keemasan ini juga ditemukan di dalam tanah saat melakukan penggalian dan mendirikan bangunan," katanya.

Atas temuannya ini warga berharap pemerintah mau datang untuk meneliti dan mengungkap jejak sejarah yang ada di desa mereka.


(ADI)

Berita Terkait