Sungai Dikeringkan, Ratusan Warga Jombang Berebut Ikan

Ratusan warga  berburu ikan di area Sungai Bendung Balongsono, Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Jombang. (metrotv) Ratusan warga berburu ikan di area Sungai Bendung Balongsono, Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Jombang. (metrotv)

JOMBANG: Ratusan warga  berburu ikan di area Sungai Bendung Balongsono, Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Jombang, Selasa 19 Oktober 2021. Tradisi berburu ikan ini dilakukan setiap tahun saat sungai dikeringkan.

Dengan menggunakan peralatan seadanya, para warga tumpah ruah di sepanjang aliran sungai. Tak hanya memakai jaring, perburuan ikan ini juga dilakukan dengan cara menyelam.

Dalam perburuan, satu orang bisa mendapatkan ikan sampai Rp 5  kilogram. Tak hanya ikan lele, beberapa jenis ikan seperti gabus hingga mujaer bisa didapatkan dari area tersebut.

BACA: Keresan, Tradisi Seru Warga Mojokerto Peringati Maulid Nabi

"Perburuan ikan di sungai Bendung Balongsono ini dilakukan setiap tahun saat dilakukan pengeringan. Pengeringan DAM dilakukan guna proses pembersihan aliran sungai dari sampah yang mencemari agar saat musim hujan air tidak membanjiri permukiman warga, " ujar Suyanto, salah satu  warga.

Sayangnya, karena banyak warga mereka nampak abai dengan protokol kesehatan covid-19. Selain berkerumun diantara mereka tidak ada yang memakai masker.

 


(TOM)

Berita Terkait