Erupsi Gunung Raung, Lahan Pertanian di Jember Terdampak Abu Vulkanik

Gunung Raung erupsi (Foto / Istimewa) Gunung Raung erupsi (Foto / Istimewa)

JEMBER : Debu dari abu vulkanik dampak erupsi Gunung Raung, mulai dirasakan petani di Kecamatan Kalisat, Jember. Lahan pertanian warga terselimuti debu sejak Kamis 28 Juli 2022. Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo menjelaskan, debu vulkanik terlihat di beberapa kecamatan di Jember, meski tak sebesar saat Gunung Raung erupsi pada 2015 silam.

"Abunya memang sampai ke Jember di Kecamatan Kalisat, Kecamatan Ledokmbo dan juga Sumberjamber, tetapi tidak sebesar erupsi sebelumnya di tahun 2015 lalu," jelas Heru.

Dampak paling dirasakan, yakni di lahan pertanian seperti tembakau. "Ya informasinya (pertanian) tembakau di daerah Kalisat juga terkena abu, hal ini memang dikhawatirkan merusak tanaman," jelasnya.

Terkait kondisi erupsi Gunung Raung yang terjadi sejak Rabu 27 Juli 2022 sore, Heru menyebut pihaknya masih menunggu hasil evaluasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tentang siklus kegempaan.

Baca juga : Pasca Erupsi Gunung Raung, Hujan Abu Guyur Jember

"Maka dari itu kami imbau masayarakat untuk menggunakan masker, karena abu vulkanik sudah turun di wilayah tersebut," pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait