Pasca Erupsi Gunung Raung, Hujan Abu Guyur Jember

Gunung Raung erupsi (Foto / Istimewa) Gunung Raung erupsi (Foto / Istimewa)

JEMBER : Hujan abu akibat erupsi Gunung Raung mengguyur Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu 27 Juli 2022 malam. Namun sejauh ini kondisi masih terpantau normal.

“Hujan abu mengguyur Kecamatan Ledokombo. Itu informasi sementara dan perlu pengecekan ke berbagai wilayah. Tiga kecamatan terdekat dengan Raung adalah Ledokombo, Silo, dan Sumberjambe,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Heru Widagdo.

Heru mengimbau kepada warga untuk beraktivitas di luar rumah dengan mengenakan masker. Tahun 2015, semburan abu dari Raung sempat mengguyur hingga kawasan perkotaan Jember. “Tim reaksi cepat BPBD selalu siaga. Namun sejauh ini situasi masih normal. Abu mengguyur tergantung arah angin juga,” katanya.

Baca juga : Pasca Erupsi, Pos Pantau Gunung Raung Larang Pesawat Melintas

Berdasarkan informasi yang diterima BPBD Jember, erupsi terjadi pada pukul 17:19 – 17:28 WIB. Tinggi kolom abu kurang lebih 1.500 meter di atas puncak. “Sampai saat ini tidak terekam adanya erupsi susulan. Status normal level 1 dan sedang dievaluasi. kasih,” demikian informasi yang diterima Heru.

“Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak turun ke dasar kawah atau mendekati kawah di puncak, serta tidak berkemah di sekitar puncak atau bibir kaldera gunung. Ini untuk menghindari potensi bahaya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan jiwa manusia,” tandasnya.


(ADI)

Berita Terkait