Jalur Aman, PT KAI Operasikan Kereta Tujuan Jakarta

PT KAI Daop 8 Surabaya mulai mengoperasikan 7 jalur kereta jurusan Jakarta (Foto / Metro TV) PT KAI Daop 8 Surabaya mulai mengoperasikan 7 jalur kereta jurusan Jakarta (Foto / Metro TV)

SURABAYA : PT KAI Daop 8 Surabaya kembali operasikan 7 perjalanan kereta tujuan Jakarta. Jalur kereta tujuan tersebut dipastikan aman lantaran banjir di wilayah Jakarta surut.

"Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka perjalanan kereta api keberangkatan menuju Jakarta, khususnya Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, dapat kembali beroperasi," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Selasa 23 Februari 2021.

Luqman mengatakan, kereta pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KLB D1/10481 pada pukul 10.29. Demi pertimbangan keselamatan, maka KA yang melintas jalur tersebut masih dibatasi kecepatannya hanya 10 km/h, dan bertahap akan ditingkatkan.

Luqman menjelaskan, selama dua hari berturut-turut petugas KAI bekerja secara terus menerus selama 24 jam untuk menguatkan fondasi, menambah batu balas/kricak, dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat. Untuk mempercepat proses perbaikan, KAI juga menambah petugas dari Daop 2 Bandung dan Daop 3 Cirebon.

"Kami atas nama manajemen PT KAI Daop 8 Surabaya menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah Daop 1 Jakarta," ujarnya.

Luqman mengatakan, KAI akan terus melakukan normalisasi pada jalur double track tersebut sehingga lintas tersebut dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal. Dalam upaya normalisasi ini, seluruh jajaran KAI hingga level Direksi turun langsung ke lapangan untuk memastikan progres pengerjaannya.

"KAI juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak di antaranya Kementerian Perhubungan yang telah membantu jalannya proses perbaikan jalur KA ini," katanya.

Berikut Perjalanan KA keberangkatan 23 Februari 2021 dengan rute menuju Jakarta yang kembali beroperasi :

Tujuan Pasarsenen Jakarta
1.KA Jayabaya relasi Malang - Pasarsenen Jakarta
2.KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen Jakarta
3.KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Pasarsenen Jakarta

Tujuan Stasiun Gambir
1.KA Argo Bromo Anggrek Pagi relasi Surabaya Pasarturi – Gambir
2.KA Gajayana relasi Malang – Gambir
3.KA Bima relasi Surabaya Gubeng – Gambir
4.KA Argo Bromo Anggrek Malam relasi Surabaya Pasarturi - Gambir.

 


(ADI)

Berita Terkait