Tak Bisa Dinalar, Berikut 5 Penemuan Nyeleneh di Dunia Otomotif

Toliet mobil adalah salah satu inovasi yang dianggap aneh (Foto / Istimewa) Toliet mobil adalah salah satu inovasi yang dianggap aneh (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Beberapa penemuan paling tidak masuk akal di dunia otomotif membuat orang terheran-heran. Penemuan tak masuk akal di dunia otomotif ini sebenarnya dimaksudkan untuk memperkaya fitur dan inovasi pada kendaraan. Meski ada yang dicampakkan, ada pula beberapa teknologi yang masih digunakan dan dikembangkan di zaman sekarang.

Berikut ini penemuan paling tidak masuk akal di dunia otomotif yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Toilet Mobil

Bisakah Anda membayangkan bagaimana jika ada toilet di dalam kabin mobil pribadi? Inovasi atau penemuan ini pernah dicoba perusahaan mobil Cadillac pada 1947. Penemuan tersebut awalnya dipandang sebagai solusi sempurna untuk menunjang perjalanan jauh, terlebih ketika membawa anak-anak dan wanita yang tak bisa menahan buang air besar atau air kecil.

Pada 1954, Rolls-Royce Vignale juga mencoba membuat toilet di dalam mobil. Meskipun ide ini cukup revolusioner, namun nyatanya toilet tidak lagi dipakai pada mobil pribadi. Fasilitas tolilet hanya digunakan pada kendaraan komersial, seperti bus eksekutif atau pariwisata, mobil karavan.

Baca juga : 5 Mobil Ini Hanya Diproduksi 1 Unit di Dunia, Segini Harganya

2. Piringan Hitam

Pada masa lalu, perangkat audio dalam mobil tentu tak secanggih saat ini. Head unit pada mobil mungkin hanya berupa radio saja. Namun jika menilik tahun 1950-an, dunia otomotif sempat membuat inovasi agar piringan hitam dapat menjadi fitur entertainment di dalam mobil.

Meski sempat direalisasikan beberapa pabrikan mobil ternama, temuan ini tentu tak masuk akal jika kita bayangkan sekarang. Bagaimana tidak, pemutar rekaman piringan hitam atau vinyl sifatnya sangat sensitif pada getaran karena mengandalkan jarum untuk memutar audio. Jika dipakai di dalam mobil, tentu akan sangat tidak efektif.

3. Mobil Terbang

Pada tahun 1949, seorang insinyur aeronautika bernama Moulton Taylor membuat lima Aerocars untuk dioperasikan di jalan raya dan di angkasa yang diberi nama Taylor Aero car. Penemuan yang didasari oleh ide liar itu sempat menjadi kenyataan saat itu. Namun, mobil Taylor ternyata juga gagal seperti mobil terbang lain yang diuji sebelumnya.

Meski menjadi penemuan yang tidak masuk akal saat itu, hari ini dunia otomotif ternyata ternyata telah berhasil merealisasikan inovasi mobil terbang meski belum diluncurkan secara komersial.

4. Mobil Roket 1959

Mobil roket yang dikonsep Cadillac Cyclone 1959 dirancang oleh Harley Earl. Mobil itu memiliki kanopi gelembung Plexiglas yang memfasilitasi pandangan 360 derajat untuk pengemudi. Sama seperti sistem peringatanan tabrakan depan pada masa kini, mobil roket atau konsep Cyclone dilengkapi dengan unit radar tampak depan untuk memperingatkan pengemudi benda di depan mobil.

Penumpang dapat berkomunikasi dengan orang-orang di luar melalui interkom karena mobil tidak memiliki jendela lipat. Penemuan tersebut saat itu tidak begitu populer, namun beberapa teknologi digunakan untuk mobil masa kini.

5. Mesin Kopi Fiat

Pabrikan mobil asal Italia, Fiat pada 2012 lalu menghebohkan dunia otomotif dengan inovasi revolusionernya. Fiat menyematkan mesin pembuat kopi pada mobil seri Fiat 500L. Penemuan ini tidak sepenuhnya buruk.

Namun, mesin pembuat kopi espresso ini hanya diaplikasi pada Fiat 500L versi Eropa saja. Fiat mengatakan versi untuk wilayah lain tidak memungkinkan diaplikasikan. Ini mengingat perbedaan kondisi cuaca dan aturan terkait barang-barang yang dapat mengganggu konsentrasi pengendara di setiap negara berbeda.

 


(ADI)

Berita Terkait