Menteri Halim Iskandar Luncurkan Desa Digital di Tulungagung

Menteri Desa PDTT  Abdul Halim Iskandar meresmikan program Desa Digital di Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. (metrotv) Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar meresmikan program Desa Digital di Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. (metrotv)

TULUNGAGUNG:  Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar meresmikan program Desa Digital di Desa Kendalbulur,  Kecamatan Boyolangu,Tulungagung, Jawa Timur.

Melalui program Desa Digital ini, diharapkan segala pelayanan kepada masyarakat sudah bisa dijalankan dengan sistem online  sehingga bisa memangkas waktu.

“Digitalisasi desa  merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap pemerintah desa. Pelayanan harus bisa berjalan cepat dan tidak berbelit.  Penggunaan dana desa juga diperbolehkan karena pemberdayaan masyarakat desa harus menjadi prioritas utama , “ ujar Abdul  Halim Iskandar.

Namum,  Halim Iskandar mewanti-wanti agar pemerintah desa menggunakan dana desa sesuai aturan. Pembangunan fisik yang berasal dari dana desa harus menunjang aktivitas perekonomian warga  dikerjakan secara padat karya dan tidak boleh menggunakan pihak ketiga.

Sementara Kepala Desa Kendalbulur, Anang Mustofa  mengatakan digitalisasi di desanya menggunakan aplikasi simple desa untuk melayani segala kebutuhan masyarakat .Termasuk layanan surat menyurat.

“Dalam aplikasi ini terdapat beberapa program pelayanan. Diantaranya markeplace dan layanan surat menyurat.  Dengan menggunakan aplikasi ini warga tidak perlu lagi mengantri di kantor desa. Cukup dengan apilkasi ini, lima menit, “ ujarnya.


(TOM)

Berita Terkait