4 Tips Kembalikan Mood Bekerja Setelah Liburan

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Hari ini rutinitas kerja kembali normal setelah libur Lebaran. Anda akan kembali dihadapkan dengan tugas kantor yang menumpuk dan menunggu dikerjakan. Padahal, kebersamaan dengan keluarga sambil menyantap menu Lebaran masih ingin Anda rasakan lebih lama.

Lalu, bagaimana caranya untuk mengembalikan mood usai libur panjang? berikut sejumlah cara yang dirangkum redaksi Clicks.id dari sejumlah sumber.

1. Siapkan To Do List

Hal yang pertama kali bisa Anda lakukan sebelum berangkat ke kantor dan mengerjakan tugas Anda adalah membuat to do list atau daftar pekerjaan. Karena, hal itu dapat mengatur pikiran dan membuat Anda merasa lebih siap saat pergi bekerja.

Mungkin rasanya sedikit sulit untuk kembali ke rutinitas ketika Anda pertama kali kembali bekerja. Namun tenang saja. Setelah satu hari atau lebih, ritme kerja alami akan Anda dapatkan kembali. Anda pun bisa mulai merasa produktif lagi dengan menyiapkan daftar hal yang harus dikerjakan serta beberapa prioritas di awal pekan pertama.

Baca Juga : Hore, Insentif Kartu Prakerja Cair 19 Mei

2. Atur strategi menyelesaikan tugas

Anda bisa mencoba untuk menyusun strategi di beberapa hari pertama Anda kembali bekerja dengan melihat daftar pekerjaan tadi. Dengan cara ini, Anda bisa mulai merasa baik menyelesaikan tugas-tugas dengan cepat dan secara mental akan lebih siap di tempat kerja.

3. Jangan Sampai Dehidrasi

Hari pertama bekerja setelah libur panjang memang akan terasa sulit. Hal ini bisa karena kelelahan atau jetlag. Namun kunci dari semua itu adalah Anda tidak boleh sampai dehidrasi. Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Dr dr Diana Sunardi, MGizi, SpGK mengatakan beberapa dampak dehidrasi bagi kesehatan. Di antaranya mengganggu fungsi kognitif dan memengaruhi suasana hati (mood) seseorang.

"Hal ini disebabkan karena fungsi kognitif memegang peranan penting dalam mengatur persepsi, cara berpikir, kemampuan mengingat, dan merasakan emosi. Tubuh membutuhkan sedikitnya dua liter atau kurang lebih delapan gelas air bagi rata-rata orang dewasa,” katanya. 

4. Istirahat Cukup

Bila Anda kerap merasa cemas karena beban kerja yang sangat besar, pastikan untuk mendapatkan istirahat malam atau tidur yang cukup. Hal ini agar Anda bisa bangun dengan perasaan segar sebelum berangkat kerja. Tapi jika Anda mengalami sulit tidur, cobalah minum-minuman hangat sebelum tidur seperti teh atau susu hangat.

 


(ADI)

Berita Terkait