Keracunan Soto Ayam Hajatan, 25 Warga Jombang Dirawat di Puskesmas

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

JOMBANG : Sebanyak 25 orang warga Desa Mundusewu, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang dibawa ke puskesmas, Senin 4 Oktober 2021.  Puluhan warga tersebut mengalami dehidrasi, muntah hingga diaere diduga karena keracunan soto ayam. Namun, dari 25 orang tersebut, 22 di antaranya telah diperbolehkan pulang karena kondisinya sudah membaik.

Sementara dua korban lainnya masih menjalani rawat inap dan satu korban lagi dirujuk ke Rumah Sakit Kristen (RSK) Mojowarno, Jombang. Kepala Desa Mundusewu, Anisah, mengatakan, 25 warganya mengalami gejala keracunan, seperti mual, pusing, diare dan muntah-muntah. Hal itu terjadi setelah warga menyantap hidangan soto ayam pada acara hajatan pernikahan tetangganya di desa setempat Sabtu lalu.

"Awalnya warga tidak menemukan hal aneh pada makanan. Usai makan juga tidak merasakan gejala apa-apa. Namun pada sore harinya warga mulai merasa mual, diare, pusing dan muntah-muntah sehingga langsung di larikan ke Puskesmas Bareng," katanya.

Baca Juga : Video Sejoli Bercumbu di Alun-alun Magetan, Viral!

Anisah mengatakan, selain undangan, keluarga penyelenggara hajatan juga mengalami hal yang sama. Bahkan, dua orang penyelenggara hajatan, yaitu Supran (50) dan putrinya tika (20) hingga kini masih dirawat di Puskesmas Bareng. Sementara pihak RSK Mojowarno yang menerima pasien rujukan dengan gejala keracunan belum bisa memastikan apa penyebabnya.

Sampel makanan yang dikonsumsi para korban kini telah diambil oleh polisi dan masih diperiksakan di laboratorium. "Umumnya pasien mengalami diare dan dehidrasi. Tapi kegawatannya sudah tertangani. Sekarang sedang pemulihan. Untuk penyebabnya kami belum tahu. Sampelnya masih diperiksa," katanya.

 


(ADI)

Berita Terkait