Unik! Nasi Goreng di Kediri Gunakan Singkong, Seperti Apa Ya Rasanya?

Foto: Freepik.com Foto: Freepik.com

Clicks: Siapa yang tak kenal dengan nasi goreng. Seperti namanya, nasi goreng merupakan sebuah makanan berupa nasi yang digoreng serta diaduk dalam minyak goreng dan biasanya ditambah dengan bahan lainnya, seperti kecap, telur, hingga suwiran daging ayam. Bahan dasar serta cara memasaknya yang simpel, membuat nasi goreng menjadi menu makanan yang sering dimasak di rumah. 

Tetapi, apa jadinya bila nasi goreng yang dimasak bukannya menggunakan nasi putih melainkan singkong? Meski terdengar asing, ternyata nasi goreng berbahan dasar singkong bisa ditemukan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur lho. Kuliner khas Pegunungan Wilis ini biasa dikenal dengan sebutan nasi goreng tiwul atau nasgoti. 

Bahan dasar tiwul terbuat dari ketela pohon yang dikeringkan lalu digiling menjadi tepung. Tepung inilah yang kemudian diolah menjadi tiwul yang biasa digunakan oleh warga di Pegunungan Wilis untuk membuat nasi goreng.

Baca juga: Mencicipi Kuliner Legendaris Khas Tuban, Sate dan Becek Menthok

Proses memasak nasi goreng tiwul ini tak jauh berbeda dengan nasi goreng pada umumnya. Perbedaannya hanya ada pada bahan dasarnya, yakni nasi putih yang diganti dengan tiwul. 

Hanya bisa ditemukan di Pegunungan Wilis

Dilansir dari berbagai sumber, nasi goreng tiwul ini hanya bisa ditemukan di kawasan Pegunungan Wilis. Biasanya, orang yang ingin menyicipi kuliner satu ini akan mengunjungi kawasan wisata air terjung Irenggolo di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Lokasinya berjarak sekitar 30 kilometer dari arah barat daya Kota Kediri.

Bagaimana dengan rasanya?

Sama seperti nasi goreng lainnya, nasi goreng tiwul juga memiliki cita rasa yang gurih berkat bumbu rempah yang digunakan. Tetapi, jangan berharap tekstur yang kalian dapatkan akan sama dengan nasi goreng yang menggunakan nasi putih. Nasi goreng tiwul cenderung lebih kenyal. Tak hanya itu, kuliner khas Pegunungan Wilis ini juga menggunakan bumbu pedas sehingga membuat orang yang menyantapnya ketagihan.

Biasanya, orang akan menyantap nasi goreng tiwul dengan tumis pakis yang super pedas. Bayangkan saja perpaduan antara nasi goreng tiwul dengan tekstur daun pakis muda yang kriuk saat dikunyah, dijamin kalian bakal ketagihan deh! Namun, jangan khawatir, bagi kalian yang tidak bisa mengonsumi makanan pedas, bisa request untuk tidak memakai bumbu pedas.

Apa kata Gubernur Jawa Timur soal nasi goreng tiwul?

Tak hanya di kalangan masyarakat Kediri, nasi goreng tiwul ini juga disukai oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa lho. Dia menyebutkan kuliner khas Pegunungan Wilis ini memiliki rasa yang lezat meski harganya sangat terjangkau.

“Nasi goreng dari nasi putih? Sudah biasa. Di Kediri, nasi goreng termaknyus justru berbahan dasar singkong. Biasa dikenal, nasi goreng thiwul alias nasgoti, kuliner khas Pegunungan Wilis. Rasanya? Wueeenaaak meski harganya murah meriah,” tulis Khofifah di akun Instagram pribadinya @khofifah.ip beberapa waktu lalu.

Kapolri dan Panglima TNI, sebut Khofifah, juga ikut menyantap nasi goreng tuwil bersamanya ketika berkunjung ke Kediri pada Kamis, 10 Juni 2021 lalu. Keduanya pun mengakui menyukai rasa dari nasi goreng tiwul.


(SYI)

Berita Terkait