Cuaca Buruk, Nelayan Sumenep Tak Bisa Melaut

Nelayan di Sumenep tak bisa melaut lantaran cuaca buruk/metrotv Nelayan di Sumenep tak bisa melaut lantaran cuaca buruk/metrotv

SUMENEP: Cuaca buruk memaksa para nelayan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menghentikan aktivitas menangkap ikan ke tengah laut. Para nelayan hanya bisa pasrah sambil menjaga perahu mereka agar tidak terseret ombak.

Kondisi ini terlihat di Dermaga Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Senin 26 Desember 2022. Ratusan perahu nelayan terparkir tidak bisa melaut karena cuaca buruk. Tidak terlihat juga aktivitas warga kecuali hanya memperbaiki tali pengikat perahu.

Salah satu nelayan, Rahwan, mengaku setiap hari hanya duduk diam bersama nelayan lain. Sembari menunggu cuaca buruk mereka juga menjaga kapal khawatir tali pengikatnya putus dan hanyut dibawa ombak besar.
 
"Sebagian besar warga Desa Lobuk mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Sekarang hanya menganggur dan pasrah menunggu cuaca membaik, " ujarnya.

BACA: 2 Pos Pengamanan Nataru di Magetan Ambruk Diterjang Angin Kencang

Sementara beberapa warga, ada yang terpaksa menjala ikan di antara terjangan ombak demi memenuhi kebutuhan sehari hari. Mereka menabar jala di tepian pantai, meski hasilanya tidak seberapa.

Cuaca buruk ini membuat kekhawatiran bagi para nelayan yang tidak mendapatkan penghasilan. Mereka juga tidak dapat membeli kebutuhan sehari-hari di tengah bahan pokok lain yang harganya selalu naik jelang pergantian tahun.

 


(TOM)

Berita Terkait