Gubenur Jatim Kenalkan Busana Asal Ngawi Yang Sudah Go Internasional

Gubenur Jawa Timur,  Khofifah Indar Parawansa Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
Ngawi : Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memperkenalkan  Oerip Indonesia, salah satu industri kreatif di bidang busana berbahan dasar kain tradisional asal Ngawi yang telah mendunia. Oerip Indonesia kini sudah memiliki cabang outlet hingga di Rotterdam, Belanda, yang menjangkau seluruh Eropa.

"Jawa Timur patut berbangga bahwa di Ngawi ada penghasil karya fesyen wastra yang dibuat dari kain-kain tradisional khas Nusantara. Terlebih disajikan dengan desain dan jahitan yang apik serta menawan hingga diminati pasar global kelas dunia," kata Khofifah dilansir dari Antara, Rabu, 27 April 2022.

Dirinya menjelaskan Oerip Indonesia sudah sejak tahun 2008. Pada tahun 2015. Produk ini sempat tampil di pameran fesyen di Florida yang diadakan oleh "Voice of Indonesia".

"Sejak itu Oerip Indonesia kerap terlibat dalam agenda penting di kota-kota Indonesia maupun mancanegara, seperti di Paris, Milan Fashion Week, Umbrella Fashion di Thailand, dan banyak lagi." ujar Khofifah.

Dirinya menambahkan akan terus mendukung tumbuh dan berkembangnya industri kreatif dan pelestarian budaya Indonesia. Ia berharap produk-produk lokal dapat masuk ke pasar ekspor.

Salah satu upayanya adalah program rumah kurasi yang dikembangkan bersama Bank Indonesia. Rumah Kurasi ini memberikan ruang bagi pelaku-pelaku UMKM termasuk yang bergerak di bidang fesyen untuk dikurasi produknya hingga memenuhi standar pasar internasional.

"Itu adalah ikhtiar kita dalam mendukung agar bisa tercapai perluasan pasar dan peningkatan daya saing dari produk-produk UKM dan IKM kita," kata Khofifah.


(UWA)